Tekno & Sains
·
22 Juli 2021 13:00
·
waktu baca 2 menit

Jenis-Jenis Rantai Makanan Lengkap dengan Fungsi dan Contohnya

Konten ini diproduksi oleh Berita Update
Jenis-Jenis Rantai Makanan Lengkap dengan Fungsi dan Contohnya (37842)
searchPerbesar
Ilustrasi Jenis-Jenis Rantai Makanan Lengkap dengan Fungsi dan Contohnya. sumber: pexels.com
Kita mengenal rantai makanan dalam pelajaran biologi. Namun apakah kita tahu bahwa rantai makanan itu terdiri atas berbagai jenis? Mari kita cari tahu lebih banyak tentang rantai makanan dan jenis-jenisnya
ADVERTISEMENT

Pengertian Rantai Makanan

Berdasarkan buku Konsep Dasar Ekologi Tumbuhan oleh Ervina Mukharromah, S.Pd., M.Si, rantai makanan adalah rangkaian peristiwa makan dan dimakan antar makhluk hidup untuk kelangsungan hidup. Proses makan ini berdasarkan urutan atau tingkatan tertentu dan berlangsung terus-menerus. Dalam ekosistem ini makhluk hidup memiliki perannya masing-masing mulai dari produsen, konsumen hingga pengurai.
Rantai makanan terdiri atas beberapa tingkatan yang disebut tingkatan trofik. Susunannya dimulai dari produsen, konsumen hingga dekomposer. Produsen berada pada tingkat trofik pertama dan merupakan organisme yang mampu membuat makanannya sendiri. Konsumen berada pada tingkat trofik kedua ini adalah organisme yang memakan produsen. Pada tingkat ketiga diduduki oleh konsumen yang memakan konsumen pertama dan seterusnya.
Produsen
Produsen adalah makhluk hidup yang dapat memproduksi zat organik dan zat anorganik. Produsen tidak memakan makhluk hidup lain namun membuat makanannya sendiri. Tumbuhan termasuk dalam produsen karena membuat makanan sendiri melalui proses fotosintesis
ADVERTISEMENT

Konsumen

Konsumen adalah makhluk hidup yang tidak bisa membuat makanannya sendiri sehingga tergantung pada organisme lain, misal produsen. Konsumen dibagi atas beberapa tingkatan yaitu:
Konsumen Primer: hewan pemakan tumbuhan (herbivora)
Konsumen Sekunder: hewan yang memakan konsumen I (karnivora)
Dalam rantai makanan kosumen I dimakan konsumen II dan konsumen II dimakan konsumen III (tersier). Seterusnya, hingga sampai pada konsumen terakhir atau konsumen puncak.
Dekomposer (Pengurai)
Dekomposer mengurai bahan organik menjadi bahan anorganik. Dekomposer mengurai bahan organik dari tumbuhan mati atau bangkai hewan dan mengembalikan nutrisinya ke dalam tanah yang kemudian digunakan tumbuhan sebagai produsen untuk berfotosintesis. Dari sini kemudian rantai makanan dimulai kembali.

Jenis-Jenis Rantai Makanan

Di bawah ini adalah jenis-jenis rantai makanan:
ADVERTISEMENT
Rantai Makanan Perumput (Grazing Food Chain)
Rantai makanan berawal dari tumbuhan sehingga tingkat trofik 1 diduduki tumbuhan hijau sebagai produsen, tingkat trofik 2 diduduki oleh herbivora sebagai konsumen 1, tingkat trofik 3 diduduki oleh karnivora sebagai konsumen tingkat 2
contoh: rumput - belalang - burung kecil - burung besar (elang)
Rantai Makanan Detritus
Dimulai dari organisme perombak. Detritus adalah hancuran atau fragment atas sisa-sisa dari organisme yang sudah mati atau terurai karena dikonsumsi hewan-hewan kecil seperti rayap, cacing tanah dan sebagainya.
Contoh: sampah kayu - cacing tanah - burung - ular/predator besar
Rantai Makanan Parasit
  • Dalam rantai makanan parasit terdapat organisme lebih kecil memakan organisme yang lebih besar. contoh: kerbau - kutu - burung - predator besar (macan, kucing).
ADVERTISEMENT
Demikan pembahasan mengenai rantai makanan. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan anda mengenai rantai makanan dan ekosistem.(IND)