News
·
15 Desember 2020 9:14

Jenis Poster Berdasarkan Isi dan Manfaatnya

Konten ini diproduksi oleh Berita Update
Jenis Poster Berdasarkan Isi dan Manfaatnya (39629)
Jenis poster sumber foto: Freepik
Jenis poster dibagi menjadi dua yakni berdasarkan isinya dan poster berdasarkan manfaat ataupun tujuannya. Poster adalah suatu karya yang memiliki desain grafis dengan gambar dan disertai oleh kata-kata.
ADVERTISEMENT
Biasanya poster ditempelkan pada bidang yang berukuran besar dan berlokasi di tempat umum untuk memudahkan orang dalam membaca maupun melihat dengan jelas, karena tujuan dari poster adalah memberikan informasi.
Secara umum poster memiliki sifat yang bertujuan menarik banyak perhatian khalayak ramai dan mudah diperhatikan oleh banyak orang.
Selain itu, poster juga bisa menjadi sarana media mempromosikan berbagai jenis produk, bahkan poster juga berisikan berbagai macam kegiatan sosial dan pendidikan maupun berbagai hal lainnya.

Berikut Ini Jenis Poster Berdasarkan Isi dan Manfaatnya, Kamu Perlu Tahu!

Berdasarkan isinya:
  1. Poster Niaga adalah poster yang dibuat untuk media komunikasi dalam urusan perniagaan untuk menawarkan suatu barang, atau jasa.
  1. Poster Kegiatan adalah poster yang berisi suatu kegiatan, seperti kegiatan jalan sehat, senam, dll.
ADVERTISEMENT
  1. Poster Pendidikan adalah poster yang bertujuan untuk mendidik.
  1. Poster Layanan Masyarakat adalah poster untuk pelayanan kesehatan yang berhubungan dengan kesejahteraan masyarakat.
Berdasarkan tujuannya:
  1. Poster Propaganda adalah poster yang memilik tujuan untuk mengembalikan semangat pembaca atas perjuangan atau usaha seseorang dalam melakukan hal yang bermanfaat bagi kehidupan.
  1. Poster Kampanye adalah poster yang bertujuan untuk mencari simpati dari masyarakat pada saat dilakukannya pemilihan umum.
  1. Poster 'Dicari' atau "Wanted“ adalah poster yang bertujuan yang memuat orang hilang atau suatu perusahaan yang membutuhkan pekerja.
  1. Poster Kelas adalah poster yang berada didalam kelas pelajar yang bertujuan untuk memotivasi pelajar, adapun juga poster tata tertib kelas.
Penyampaian informasi dari kedua jenis poster tadi bisa dilakukan dengan memadukan antara gambar, grafis, dan tulisan. Salah satu ciri-ciri poster adalah desain grafis dari poster harus memuat komposisi yang terdiri atas huruf dan gambar di atas media kertas atau kain yang berukuran besar.
ADVERTISEMENT
(RN)

sosmed-whatsapp-whitesosmed-facebook-whitesosmed-twitter-whitesosmed-line-white