News
·
26 Februari 2021 14:36

Kandungan Teks Khutbah Shalat Jumat yang Sesuai Rukun

Konten ini diproduksi oleh Berita Update
Kandungan Teks Khutbah Shalat Jumat yang Sesuai Rukun (308837)
Ilustrasi khutbah Jumat. Sumber: Kumparan
Dalam setiap ibadah shalat Jumat, seorang khotib diwajibkan untuk menyampaikan teks khutbah Jumat sesuai dengan rukun dalam syariat agama Islam. Rukun khutbah ini sendiri haruslah ditunaikan sebagai syarat sah diterimanya amalan ibadah sholat Jumat tersebut.
ADVERTISEMENT
Khutbah sholah Jumat sendiri disyariatkan untuk dilakukakan sebanyak dua kali sebelum menunaikan ibadah sholat Jumat. Dikuti dari Fiqh Islam (2019: 126) oleh Sulaiman Rasjid, seorang khotib sendiri dikehendaki untuk menyampaikan khutbah dalam posisi berdiri jika ia mampu. Kemudian khotib juga dianjurkan untuk memberi khutbah dengan suara yang lantang agar terdengar oleh semua jamaah sholat.
Saat melakukan khutbah, seorang khotib juga dianjurkan untuk duduk sebentar diantara dua khutbah sebagaimana yang dicontohkan oleh Rasulullah. Hal ini sendiri juga telah terangkum dalam hadist yang diriwayatkan oleh Muslim berikut: “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam berkhutbah dengan dua khutbah, kemudian beliau duduk di antara keduanya, dan kembali beliau khutbah sambil berdiri,” (HR. Muslim).

Kandungan Teks Khutbah Shalat Jumat Sesuai Rukun

Ketika menyampaikan khutbah, seorang khotib dianjurkan untuk menyampaikan teks khutbah Jumat yang sesuai dengan kandungan rukun. Diantaranya ialah dengan isi sebagai berikut:
ADVERTISEMENT
  1. Mengucapkan kalimat pujian kepada Allah SWT, misalnya Alhamdulillah
  2. Memanjatkan sholawat atas nabi Muhammad SAW
  3. Membaca dua kalimat syahadat, sebagaimana hadist yang menyebut bahwa: “Tiap-tiap khotbah yang tidak ada syahadatnya adalah seperti tangan yang terpotong.” (HR. Ahmad dan Abu Dawud)
  4. Berwasiat atau memberi nasehat tentang ketaqwaan kepada jamaah sholat Jumat
  5. Membaca ayat suci alquran dalam salah satu khutbah, disebutkan lebih utama dikerjaan saat khutbah pertama
  6. Memanjatkan bacaan doa untuk semua kaum muslimin pada khutbah kedua
Mendengarkan dua khutbah shalat Jumat merupakan salah satu syarat sah ibadah sholat Jumat yang harus ditunaikan oleh setiap muslim laki-laki. Oleh sebab itu, usahakanlah untuk tidak datang terlambat saat melakukan ibadah berjamaah di masjid satu ini agar amalan pahala sholat Jumat yang kamu kerjakan semakin sempurna dan diterima oleh Allah ya! Semoga ulasan tadi bermanfaat. (HAI)
ADVERTISEMENT