News
·
14 Januari 2021 20:55

Kebutuhan Primer, Sekunder dan Tersier: Pengertian dan Perbedaannya

Konten ini diproduksi oleh Berita Update
Kebutuhan Primer, Sekunder dan Tersier: Pengertian dan Perbedaannya (415782)
Kebutuhan Sandang Sebagai Kebutuhan Primer Foto: dok The Conversation
Kebutuhan primer, sekunder dan tersier ini telah kita ketahui istilahnya sejak menginjak sekolah dasar. Kebutuhan primer yang menjadi kebutuhan mendasar dari seluruh manusia di muka bumi ini dapat Anda ketahui perbedaannya dengan kebutuhan sekunder dan tersier dalam mengetahuinya di ulasan dalam artikel berikut ini.
ADVERTISEMENT

Kebutuhan Primer, Kebutuhan Sekunder dan Kebutuhan Tersier

Kebutuhan yang berarti adalah semua hal yang dibutuhkan oleh seluruh manusia untuk mempertahankan kelangsungan hidupnya hingga mencapai kesejahteraan hidup. Kebutuhan dapat dibedakan berdasarkan tingkat kepentingannya, waktunya, sifatnya dan subjeknya. Namun perbedaan kebutuhan primer, kebutuhan sekunder dan kebutuhan tersier ini adalah kebutuhan tingkat kepentingannya.
Kebutuhan manusia yang terdiri dari berbagai macam seperti kebutuhan berupa barang atau jasa baik itu memiliki wujud maupun tidak berwujud ini terbagi menjadi kebutuhan primer, kebutuhan sekunder dan kebutuhan tersier. Kebutuhan primer merupakan kebutuhan utama atau kebutuhan pokok yang mutlak dipenuhi oleh manusia. Kebutuhan primer ini terdiri dari kebutuhan sandang, papan, dan pangan.
Kebutuhan primer sandang berarti kebutuhan manusia akan pakaian sebagai pelindung tubuh. Jika manusia tidak terpenuhi kebutuhan sandangnya maka orang tersebut akan rentan terserang penyakit sehingga tidak dapat meneruskan kehidupan. Selanjutnya adalah kebutuhan pangan yang berarti kebutuhan akan makanan. Sebagai makhluk hidup tentunya kita membutuhkan makanan sebagai sumber energi dalam menjalani kehidupan. Maka dari itu, kebutuhan makanan ini menjadi kebutuhan yang utama.
Kebutuhan Primer, Sekunder dan Tersier: Pengertian dan Perbedaannya (415783)
Rumah Menjadi Kebutuhan Papan yang Dibutuhkan Manusia Foto: dok Plantation Homes
Selanjutnya kebutuhan primer lainnya adalah kebutuhan papan. Kebutuhan papan yang berarti kebutuhan manusia terhadap tempat tinggal. Jika manusia tidak memiliki tempat tinggal dan tempat berlindung maka sudah pasti mereka akan terancam untuk lebih rentan terserang bahaya yang dapat datang dari mana saja.
ADVERTISEMENT
Kebutuhan memiliki sifat yang tidak terbatas sehingga setelah manusia mampu memenuhi kebutuhan primernya, maka manusia tersebut akan mulai memiliki kebutuhan tersier dan sekunder untuk dipenuhi. Kebutuhan manusia yang semakin meningkat ini seiring dengan perkembangan zaman dan juga berkembangnya ilmu pengetahuan.
Setelah kebutuhan primer terpenuhi maka kebutuhan selanjutnya yang perlu dipenuhi selanjutnya adalah kebutuhan sekunder. Kebutuhan sekunder adalah kebutuhan yang tidak mengganggu kelangsungan hidup tetapi sangat penting. Contoh kebutuhan sekunder antara lain kendaraan pribadi, alat elektronik, hiburan, dan masih banyak lagi contoh kebutuhan sekunder lainnya.
Kebutuhan terakhir lainnya yang merupakan kebutuhan yang perlu dipenuhi manusia namun tidak terlalu penting adalah kebutuhan tersier. Kebutuhan tersier ini adalah kebutuhan akan barang mewah yang ditujukan untuk menunjukkan status sosial seseorang dalam suatu masyarakat. Pada umumnya kebutuhan tersier akan dimiliki seorang individu setelah kebutuhan primer dan sekundernya dapat terpenuhi dengan baik. (DA)
ADVERTISEMENT