Tekno & Sains
·
14 Januari 2021 18:34

Kenali Pencemaran Lingkungan Serta Jenis-jenisnya

Konten ini diproduksi oleh Berita Update
Kenali Pencemaran Lingkungan Serta Jenis-jenisnya (297041)
Pencemaran Lingkungan, Foto: Dok. Thexandria
Pencemaran lingkungan, merupakan salah satu masalah yang terjadi di dalam Indonesia. Menurut Undang-Undang Nomor 4 tahun 1982, menjelaskan bahwa pencemaran lingkungan adalah masuknya makhluk hidup, zat, energi dan komponen lain ke dalam lingkungan, dan berubahnya tatanan lingkungan oleh kegiatan manusia maupun proses alam.
ADVERTISEMENT
Lebih singkatnya, yaitu masuknya bahan dengan sifat merusak ke dalam suatu lingkungan, dan merusak lingkungan tersebut sehingga terjadilah penurunan kualitas pada lingkungan.
Karena hal tersebut, banyak sekali lingkungan yang tidak berfungsi dengan baik. Maka terjadilah masalah-masalah di dalam tatanan kehidupan.
Tahukah Anda, ada beberapa jenis pencemaran lho. Melansir Quipper, Kamis (14/1/2021), berikut jenis-jenis pencemaran yang harus ketahui.
1. Pencemaran Udara
Pencemaran udara ini sering kali terjadi di Indonesia lho. Bahkan, di beberapa daerah industri atau pabrik sulit mendapatkan udara segar. Lalu, apa arti dari pencemaran udara?
Pencemaran udara adalah tercampurnya senyawa atau zat berbahaya ke dalam komposisi udara. Maka dari itu, udara yang dihirup sudah tidak sehat seperti sebelumnya.
ADVERTISEMENT
2. Pencemaran Tanah
Pencemaran tanah, berarti bahwa tanah dalam suatu lingkungan sudah tercemar dengan senyawa berbahaya. Biasanya pencemaran ini akan berakibat pada kondisi tanah yang kurang baik.

Pencemaran Lingkungan Pada Air

Pencemaran lingkungan juga bisa terjadi pada air lho. Sama dengan halnya pencemaran tanah dan udara, pencemaran air berarti adanya senyawa atau zat berbahaya yang masuk ke dalam air. Hal ini mengakibatkan menurunnya kualitas air dan fungsi di dalam air tersebut.
Biasanya pencemaran air ini disebabkan oleh aktifitas yang dilakukan oleh manusia. Contohnya, mencuci pakaian menggunakan deterjen. Hasil dari deterjen tersebut bisa memberikan pengaruh buruk untuk air disekitarnya. Nah, inilah yang disebut sebagai pencemaran air.
3. Pencemaran Suara
Bukan hanya udara, tanah atau air saja lho yang bisa tercemar. Suara juga bisa tercemar karena beberapa faktor. Pencemaran suara ini sifatnya mengganggu pendengaran seseorang. Misalnya, akibat suara sirine pada mobil ambulance, pemadam kebakaran, kereta api, knalpot kendaraan motor yang dimodifikasi, atau suara lainnya.
ADVERTISEMENT
Kita bisa mengatasi pencemaran lingkungan ini lho. Tentunya dengan cara-cara sederhana dan bisa dilakukan oleh siapa pun, seperti menanam pohon atau tanaman di lingkungan rumah, membersihkan saluran air secara berkala, memisahkan sampah yang bisa didaur ulang dan tidak bisa didaur ulang, serta cara-cara yang lain.
(Linda Fahira Putri)