Bola & Sports
·
22 Januari 2021 18:58

Kenali Pengertian Kebugaran Jasmani Beserta Manfaatnya Bagi Tubuh

Konten ini diproduksi oleh Berita Update
Kenali Pengertian Kebugaran Jasmani Beserta Manfaatnya Bagi Tubuh (28827)
searchPerbesar
Ilustrasi latihan ringan untuk meningkatkan kebugaran jasmani. Sumber: Forbes
Pengertian kebugaran jasmani ialah kondisi tubuh seseorang yang dapat melakukan aktivitas fisik secara prima dan bugar. Apabila seseorang rutin berlatih untuk menjaga kebugaran jasmani, maka orang cenderung tidak akan mudah terkena lelah dan letih selama menjalani rutinitasnya.
ADVERTISEMENT
Pernyataan tersebut sendiri serupa dengan pengertian kebugaran jasmani menurut para ahli yang dikemukakan oleh Sadoso Sumardjono. Beliau menyebut bahwa kebugaran jasmani merupakan kemampuan seseorang untuk menunaikan tugas sehari-hari dengan mudah tanpa lelah yang berlebihan, serta masih mempunyai sisa atau cadangan tenaga untuk menikmati waktu senggang untuk keperluan mendadak.
Jika kita memiliki tubuh yang prima dan bugar, maka kita juga akan cenderung lebih bersemangat dalam mengerjakan kegiatan harian. Untuk menjaga kebugaran jasmani tersebut, ada beberapa hal yang bisa dilakukan. Misalnya saja menjalankan olahraga ringan seperti push-up, sit-up, ataupun sikap lilin.
Menurut beberapa sumber, olahraga ringan seperti senam aerobik atau senam lantai merupakan salah satu bentuk latihan yang bisa kita terapkan untuk meningkatkan kebugaran fisik atau jasmani. Disamping itu, latihan tersebut juga tidak terlalu membutuhkan banyak alat bantu, sehingga dianggap sebagai olahraga yang mudah dan praktis.
ADVERTISEMENT

Manfaat Kebugaran Jasmani Bagi Tubuh dan Mental

Ada banyak sekali manfaat yang bisa kita dapatkan jika rutin berolahraga untuk meningkat kebugaran jasmani selain memiliki tubuh yang bugar dan juga pria. Misalnya saja seperti meningkatkan kekuatan dan daya tahan otot, melatih kelenturan dan kelincahan tubuh, dan juga bisa melatih keseimbangan tubuh kita.
Selain sangat berguna bagi ketahanan fisik, jasmani yang bugar juga sangat bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan mental lho! Pasalnya ketika kita melakukan olahraga, maka tubuh akan menghasilkan hormon endorphin yang bisa mengurangi rasa sakit dan mengurangi stress dan depresi.
Ada banyak sekali manfaat dari kebiasaan olahraga untuk meningkatkan kebugaran jasmani bukan? Oleh sebab itu, yuk terapkan kebiasaan baik untuk rutin berolahraga setidaknya 30 menit setiap hari agar tubuh selalu sehat dan bugar. (HAI)
ADVERTISEMENT