News
·
14 Januari 2021 20:57

Kenali Zaman Logam Serta Pembagiannya di Sini!

Konten ini diproduksi oleh Berita Update
Kenali Zaman Logam Serta Pembagiannya di Sini! (81116)
Ilustrasi Aktivitas Zaman Logam, Sumber: Kumparan
Zaman logam, pernahkah kalian mendengar zaman tersebut? Biasanya, zaman ini sudah diajarkan sejak duduk dibangku Sekolah Menengah Atas (SMA). Pembagian zaman serta ciri-cirinya ini biasanya terdapat dalam pelajaran Sejarah.
ADVERTISEMENT
Tapi tahukah Anda, apa itu zaman logam?
Zaman logam adalah zaman dimana peradaban manusia sudah semakin maju dibandingkan zaman sebelumnya. Pada zaman ini, masyarakat telah menggunakan bahan-bahan dari logam untuk membantu pekerjaan mereka sehari-hari.
Selain itu, orang-orang pada zaman ini sudah bisa membuat peralatan dari bahan logam lho. Peralatan yang mereka buat diantaranya, nekara, kapak lonjong, arca, dan lain sebagainya.

Ciri-ciri Zaman Logam

Zaman logam mempunyai ciri-ciri yang harus Anda tahu. Melansir dari Cerdika, Kamis (14/1/2021) berikut ciri-ciri dari zaman logam.
Pertama, ditandai dengan kemajuan teknologi yang sangat cepat. Orang-orang pada zaman ini sudah mengenal berbagai macam peralatan, serta bisa menggunakan peralatan tersebut dengan tepat.
Ciri-ciri yang kedua, yaitu ditandai dengan aktivitas perdagangan yang semakin maju. Pada zaman ini, sudah banyak orang-orang yang menjajakan hasil tanaman yang mereka dapatkan dari kebun. Mereka juga sudah mengenal istilah barter, atau menukar barang dengan barang lainnya sesuai dengan kebutuhan.
ADVERTISEMENT
Ketiga, sudah mengenal sistem penguburan orang yang meninggal. Semakin cepatnya teknologi berkembang, maka semakin maju juga pemikiran dan pemahaman pada zaman tersebut. Di sini, mereka telah menggunakan sistem mengubur orang secara langsung, atau menggunakan kayu sebagai peti untuk menguburkannya.
Kemudian, ciri-ciri yang terakhir yaitu, pertanian sudah bergerak maju. Pada zaman logam, sistem bercocok tanam juga semakin maju dan berkembang. Cara hidup pada orang-orang zaman ini pun semakin baik dibandingkan zaman sebelumnya.
Sebagai tambahan informasi, pada zaman ini sudah terdapat pembagian zaman yang berlangsung. Misalnya, zaman tembaga, zaman besi, dan zaman perunggu.
Semoga informasi tersebut bermanfaat dan menambah pengetahuan untuk Anda.
(Linda Fahira Putri)
sosmed-whatsapp-whitesosmed-facebook-whitesosmed-twitter-whitesosmed-line-white