Food & Travel
·
14 September 2021 14:32
·
waktu baca 4 menit

Keunikan Pakaian Adat Jambi beserta Ciri Khas dan Aksesorisnya

Konten ini diproduksi oleh Berita Update
Keunikan Pakaian Adat Jambi beserta Ciri Khas dan Aksesorisnya (16494)
searchPerbesar
pariwisataindonesia.id - Keunikan pakaian adat Jambi
Jambi adalah salah satu provinsi yang terletak di pulau Sumatera yang memiliki keunikan pakaian adat Jambi sendiri. Seperti kita tahu, Indonesia mempunyai banyak sekali jenis pakaian adat yang khas mewakili masing-masing daerah.
ADVERTISEMENT
Keunikan pakaian adat Jambi adalah satu dari sekian banyak keindahan yang terdapat dalam sepotong baju adat. Umumnya, masing-masing daerah memiliki filosofi dan sejarahnya sendiri dalam hal pemilihan baju adat. Banyak faktor yang memengaruhi hal ini, seperti cuaca dan kebiasaan setiap daerah.

Keunikan Pakaian Adat Jambi beserta Ciri Khas dan Aksesorisnya

Beberapa keunikan pakaian adat Jambi yang menjadi ciri khas dari daerah ini antara seperti berikut.
  • Pakaian adat Jambi disebut dengan Baju Kurung Tanggung yang bentuk dan potongannya masih kental dengan pengaruh adat dan budaya Melayu. Disebut baju kurung tanggung karena panjang lengannya yang tanggung, tepat berada di bawah siku namun tidak sampai ke pergelangan tangan. Desain antara laki-laki dan perempuan hampir sama. Kurung tanggung inilah yang membedakan dengan baju khas Melayu yang menutupi hingga ke pergelangan tangan.
  • Kain yang biasa digunakan adalah beludru, tujuannya agar pakaian terlihat mewah dan nyaman ketika dipakai. Biasa kain yang digunakan berwarna merah dengan taburan sulaman benang emas bermotif bunga tagapo, melati atau berangkai.
  • Baju kurung tanggung untuk pria hanya memiliki lengan dengan panjang ¾, tidak full seperti daerah yang lain. Biasanya disertai dengan aksesoris berupa penutup kepala (Lacak) yang di dalamnya terdapat karton agar bisa menjulang tinggi. Penutup kepala ini sebagai lambang kereligiusan dan kedudukan seorang laki-laki. Aksesoris wajib lainnya adalah sarung atau kain songket yang dikenakan sebagai selendang. Tak lupa juga senjata tradisional keris yang diselipkan pada ikat pinggang dari kuningan. Bentuknya berbeda antara satu suku dengan yang lainnya. Keris dibagi menjadi dua yaitu biasa dan yang mengandung mistis.
  • Baju kurung tanggung untuk perempuan wajib memakai penutup kepala atau pesangkon yang bentuknya seperti duri pandan. Ditambah dengan rok songket panjang yang dililit dengan motif khas yaitu melati, pucuk rebung atau tagapo. Aksesorisnya sangat beraneka ragam seperti gelang emas, cincin, anting-anting hingga gelang kaki. Kaum perempuan juga memakai selendang dari sarung atau kain songket, sama seperti para pria.
  • Kain songket dari benang sutra hanya boleh dikenakan oleh pengantin perempuan.
  • Warna kuning keemasan yang penuh nuansa Melayu harus selalu ada karena melambangkan kejayaan dan pencapaian besar terhadap sesuatu yang mewah. Selain itu emas juga merupakan logam mulia yang bernilai tinggi dan elegan.
Keunikan Pakaian Adat Jambi beserta Ciri Khas dan Aksesorisnya (16495)
searchPerbesar
pariwisataindonesia.id
Melansir dari buku Mengenal Rumah Adat, Pakaian Adat, Tarian Adat, dan Senjata Tradisional, 2009, disebutkan pula bahwa ada aksesoris-aksesoris lain yang juga menjadi bagian dari keunikan pakaian adat Jambi, antara lain:
ADVERTISEMENT
  • Teratai Dada, yaitu sebuah penutup dada yang berbentuk teratai untuk menyamarkan bentuk tubuh. Biasanya dipakai dengan cara dikaitkan ke leher dan berfungsi sebagai kerah.
  • Gelang, biasanya terbuat dari logam celupan dengan motif khusus naga kuning yang digunakan untuk tambahan aksesoris agar bagian tangan terlihat keren. Khusus untuk perempuan biasanya memakai gelang bernama gelang kilat bahu, dan di kaki memakai gelang nago betapo atau ular melingkar.
  • Selendang atau selempang, warna selendang umumnya adalah merah keunguan dan terbuat dari songket sarung bermotif rangkaian bunga. Ada juga selendang yang dipakai di pinggul. Umumnya berwarna merah jambu dengan rumbai warna kuning di bagian ujungnya.
  • Telukuk, aksesoris ini hanya dipakai oleh perempuan Jambi. Jenisnya ada banyak seperti kuluk kipas terlilit, kuluk jatuh, mahkota, mudik, sapik udang, kuncup melati dan banyak lagi jenisnya.
  • Kalung, umumnya ada 3 jenis kalung yang biasa dipakai, yaitu tapak, bertingkat atau jayo dan rantai sembilan.
  • Cincin, jenisnya untuk para perempuan terdiri dari Kijang dan Pacat Kenyang.
ADVERTISEMENT
Hal terakhir dari keunikan pakaian adat Jambi adalah bahwa pakaian ini biasanya digunakan pada acara pernikahan dan upacara tertentu saja. Warna yang dipilih hanya ada dua, yaitu merah dan biru yang kaya akan rangkaian bunga. (DNR)
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020