Tekno & Sains
·
19 Januari 2021 20:32

Keuntungan Adanya AFTA Bagi Negara Indonesia

Konten ini diproduksi oleh Berita Update
Keuntungan Adanya AFTA Bagi Negara Indonesia (90319)
searchPerbesar
Logo AFTA. Sumber: Asean.org
AFTA merupakan sebuah persetujuan yang menjadi wujud kesepakatan negara-negara ASEAN (Association of Southeast Asian Nations). Persetujuan ini lahir didasarkan pada Chiang Mai Initiative yang telah membentuk kestabilan keuangan di Asia. AFTA dibuat di Singapura pada tanggal 18 Januari 1992. Saat itu, diselenggarakan konferensi tinggi tingkat ASEAN yang membahas mengenai kesepakatan perdagangan bebas.
ADVERTISEMENT
Awalnya, negara-negara yang tergabung dalam AFTA adalah Indonesia, Singapura, Brunei Darussalam, Malaysia, Filipina, dan Thailand. Kemudian, di tahun 1997 Laos dan Myanmar pun turut bergabung. Lalu, disusul oleh Kamboja yang baru bergabung di tahun 1999.
Tujuan dibentuknya AFTA atau ASEAN Free Trade Area adalah untuk menciptakan zona perdagangan bebas di ASEAN. Adapun butir-butir dari tujuan ASEAN Free Trade Area, yaitu:
  1. Meningkatkan daya saing ekonomi yang berada di negara ASEAN dengan cara menjadikan Kawasan ASEAN sebagai basis produksi pasar dunia.
  2. Menarik para investor asing dan meningkatkan perdagangan di antara negara-negara ASEAN.
  3. Menghapuskan segala biaya masuk atau impor barang untuk negara Indonesia, Brunei Darussalam, Thailand, Singapura, dan Philipina di tahun 2010. Sedangkan negara Laos, Myanmar, Kamboja, dan Vietnam untuk pembebasan biaya impor yang diberlakukan sejak 2015 lalu.
ADVERTISEMENT

Manfaat AFTA Bagi Indonesia

Berdasarkan tujuan-tujuan tersebut, Indonesia pun memperoleh keuntungan dari adanya AFTA. Indonesia sebagai salah satu negara yang menjadi anggota ASEAN mempu memiliki daya saing yang cukup baik di pasar global. Indonesia dapat memperoleh investor asing guna kemajuan perusahaan yang ada di dalam negeri. Selain itu, Indonesia juga mampu meningkatkan devisa negara dari kerja sama ekspor impor dengan negara-negara di Asia. (AG)