News
·
28 April 2021 19:33

Keutamaan Dzikir dan Doa setelah Sholat Fardhu Berdasarkan Hadist

Konten ini diproduksi oleh Berita Update
Keutamaan Dzikir dan Doa setelah Sholat Fardhu Berdasarkan Hadist (209266)
Ilustrasi Dzikir dan Doa Setelah Sholat. Sumber: Michael Burrows-Pexels.com
Dzikir dan doa merupakan dua amalan yang tak terlepaskan setelah menuntaskan ibadah sholat. Secara bahasa, dzikir berasal dari kata bahasa arab dzakara yang artinya mengingat, mengambil pelajaran, mengerti, atau mengenal.
ADVERTISEMENT
Secara istilah, ddzikir adalah upaya manusia untuk mendekatkan diri pada Allah SWT, dengan cara mengingat keagungan-Nya. Berdzikir adalah suatu amalan istimewa dari Alquran dan hadist. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya ayat Alquran dan hadis yang menyinggung dan membahas perihal dzikir.
Sementara itu, doa diartikan Robert Thouless (2000: 65) dalam bukunya, “Pengantar Psikologi Doa” sebagai kegiatan seorang manusia yang menggunakan kata-kata berkonotasi positif secara terbuka, baik pribadi maupun bersama-sama untuk mengajukan harapan kepada kepada Tuhan.
Esensi doa bukanlah sekedar kata-kata penenang yang dangkal maknanya. Lebih dari itu, doa merupakan bentuk penghambaan diri manusia kepada dzat yang lebih agung. Doa juga merupakan upaya pembersihan diri dari dosa dan sebagai sumber ketenangan jiwa.
ADVERTISEMENT
Meski dapat dibaca kapanpun, ada waktu-waktu khusus yang menjadikan doa lebih utama untuk dipanjatkan. Salah satu waktu utama tersebut adalah selepas pelaksanaan sholat fardhu. Dzikir dan doa kerap dibaca beriringan sebagai amalan rutin pelengkap sholat wajib. Simak dalil dan keutamaan membaca dzikir dan doa setelah sholat fardhu berikut ini!

Hadist tentang Dzikir dan Doa setelah Sholat Fardhu

Kata dzikir dalam Alquran disebut sebanyak 267 kali. Makna yang paling umum adalah mengingat Allah. Salah satu ayat yang menjelaskan perintah dzikir di antaranya terdapat dalam Surat Al-Munafiqun ayat 9,

“Wahai orang-orang yang beriman, jangan sampai harta dan anak-anakmu melalaikan kalian dari berddzikir kepada Allah, dan siapa yang melakukan hal itu, maka mereka adalah orang-orang yang merugi”.

ADVERTISEMENT
Keutamaan berdzikir juga terdapat dalam ayat lain yakni,

“...Dan laki-laki maupun para wanita yang banyak berdzikir kepada Allah, sungguh Allah sediakan bagi mereka ampunan dan pahala yang besar”. (Al-Ahzab: 35)

Ddzikir yang kita amalkan sesungguhnya akan melahirkan kesiapan, ketundukan, dan kepasrahan dalam menerima syariat dan aturan yang ditetapkan-Nya. Selain itu ddzikir juga mengarahkan kita untuk meraih yang haq dan meninggalkan yang batil.
Mengenai perintah dan keutamaan berdoa seusai sholat yang lima, Rasulullah bersabda dalam hadistnya yang berbunyi,

"Dari Abu Umamah, ia berkata: Dikatakan kepada Rasulullah SAW, apakah doa yang paling didengarkan? Rasulullah menjawab: Doa di tengah malam dan doa di akhir sholat wajib”. (HR. at-Tirmidzi).

Manfaat Dzikir dan Doa setelah Sholat

Imam Ibnul Qayyim (2004) dalam kitabnya, Al-Wabil Ash-Shayyib Minal Kalim Ath-Thayyib menyatakan bahwa manfaat berdzikir dan doa bisa mencapai seratus lebih. Berikut adalah lima manfaat yang dapat diperoleh umat muslim.
ADVERTISEMENT
  • Sumber keberuntungan di dunia dan di akhirat
  • Penenang jiwa dan penguat hati
  • Orang yang rutin berdzikir senantiasa mendapatkan ampunan dan kebaikan dari Allah SWT
  • Dapat mengusir dan menjauhkan gangguan setan
  • Senantiasa diingat oleh Allah SWT
Itulah penjelasan mengenai keutamaan serta manfaat dari dzikir dan doa selepas sholat fardhu. Semoga menjadi amalan rutin yang enggan untuk dilewatkan. (AA)