Food & Travel
·
8 Juni 2021 17:26
·
waktu baca 1 menit

Kondisi Geografis Pulau Sumatera Berdasarkan Peta dan Ciri Khasnya

Konten ini diproduksi oleh Berita Update
Kondisi Geografis Pulau Sumatera Berdasarkan Peta dan Ciri Khasnya (7033)
Kondisi geografis Pulau Sumatera. Foto: dok. https://unsplash.com/
Indonesia yang terdiri dari beragam pulau dan juga kondisi geografis ini menjadikan Indonesia sebagai negara yang kaya akan sumber daya yang dikandungnya. tiap-tiap pulau di Indonesia memiliki ciri khas tersendiri yang menjadikan Indonesia sebagai negara yang unik. Berikut ini adalah kondisi geografis pulau Sumatera berdasarkan peta serta ciri khasnya yang perlu diketahui.
ADVERTISEMENT

Kondisi Geografis Pulau Sumatera Berdasarkan Peta Lengkap dengan Cirinya

Kita pasti sudah tak asing lagi dengan istilah kondisi geografis. Dalam buku IPS Terpadu: Jilid 1B yang disusun oleh Sri Pujiastuti, Dkk (2007:23) menyebutkan bahwa kondisi geografis suatu wilayah dapat diketahui melalui peta. Kondisi geografis suatu wilayah memberi pengaruh yang berbeda bagi corak kehidupan penduduk yang tinggal di suatu wilayah. Hal ini juga berlaku pada Pulau Sumatera.
Pulau Sumatera merupakan salah satu pulau besar yang ada di Indonesia dan terletak di bagian barat Indonesia. Pulau ini memiliki banyak sekali kekayaan alam yang terkandung di dalamnya serta ciri khasnya yang membedakan pulau Sumatera dengan pulau lainnya di Indonesia.
Kondisi Geografis Pulau Sumatera Berdasarkan Peta dan Ciri Khasnya (7034)
Kondisi Geografis Pulau Sumatera. Foto: dok. https://unsplash.com/
Dalam buku berjudul Ilmu Pengetahuan Sosial yang disusun oleh Sugahrsono, I Wayan Legawa, Teguh Dalyono, Moch. Enoh, Muhammad Nur Rokhman, Catur Rismiati dan Suwito Eko Pramono (2008:6) menjelaskan bahwa Pulau Sumatra memiliki kondisi geografis berawa-rawa dan memiliki banyak sungai-sungai panjang.
ADVERTISEMENT
Kondisi geografis pulau Sumatera berdasarkan peta disebutkan bahwa pulau Sumatera memiliki banyak daerah air. Maka dari itu transportasi yang dominan atau banyak digunakan di Sumatera adalah sampan dan perahu serta alat transportasi air lainnya.
Tak hanya itu, kondisi geografis pulau Sumatera berdasarkan peta juga menunjukan bahwa pulau Sumatera memiliki bentangan pegunungan Bukit Barisan yang membujur dari barat laut ke arah tenggara dengan panjang lebih kurang 1500 km. Sepanjang bukit barisan tersebut terdapat puluhan gunung, baik yang tidak aktif maupun gunung berapi yang masih aktif
Tentunya kondisi geografis pulau Sumatera yang sedemikian rupa tersebut mempengaruhi banyak faktor mulai dari jenis mata pencaharian penduduk, hingga transportasi yang banyak digunakan penduduk. Maka dari itu penting untuk mengetahui bagaimana kondisi geografis suatu tempat agar dapat dengan lebih mudah beradaptasi dengan lingkungan sekitar. (DAP)
ADVERTISEMENT