Kumpulan Ucapan Turut Berduka Cita Kristen Protestan untuk Semua Kalangan

Konten dari Pengguna
10 Juni 2022 17:26
·
waktu baca 6 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Berita Update tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi suasana berduka. Foto: Pexels
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi suasana berduka. Foto: Pexels
ADVERTISEMENT
Ucapan turut berduka cita Kristen Protestan merupakan suatu bentuk rasa kasih dan peduli terhadap sesama umat. Biasanya, ucapan duka cita Kristen ini dapat disampaikan dalam bentuk lisan secara langsung maupun dalam bentuk tulisan.
ADVERTISEMENT
Dikutip dari Firman Hidup 59 oleh Fridolin Ukur (1981), sebagai seorang yang peduli dan anak Tuhan yang baik, kita harus bersikap belasungkawa terhadap mereka yang ditinggalkan. Selain dengan ucapan turut berduka cita untuk orang yang meninggal, menunjukkan kepedulian terhadap keluarga yang ditinggalkan juga bisa dilakukan dengan memberi ucapan belasungkawa.

Bagaimana Ucapan Turut Berduka Cita?

Ilustrasi suasana duka cita. Foto: Unsplash
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi suasana duka cita. Foto: Unsplash
Ucapan turut berduka cita merupakan kata-kata yang disampaikan secara lisan atau tertulis dalam situasi duka cita. Dikutip dari Dasar-Dasar Komunikasi Bisnis oleh Abdul Samad Arief, dkk. (2021: 70), ucapan ini menjadi bentuk perhatian dan rasa simpatik yang diberikan kepada individu yang mengalami kehilangan.
Kehilangan seseorang yang berarti tentu sangat berat. Situasi ini menjadi hal yang sensitif bagi kebanyakan orang, sehingga untuk mengucapkan belasungkawa, harus menjaga perkataan dengan baik.
ADVERTISEMENT
Ucapan turut berduka cita dapat diberikan pada siapa saja yang mengalami kehilangan, tanpa memandang status maupun agama seseorang. Meskipun ada beberapa ucapan belasungkawa yang biasanya berbeda jika diberikan kepada penganut agama tertentu.
Misalnya, sesama umat Islam memberikan ucapan turut berduka cita menggunakan kata-kata innalillahi wa inna ilaihi raaji’un. Hal ini tentunya berbeda dengan ucapan turut berduka cita Buddha, Katolik, dan lainnya.
Adapun beberapa contoh ucapan turut berduka cita simple secara umum yang bisa diberikan kepada orang-orang terdekat yang ditinggalkan, di antaranya:
  • Aku turut berbelasungkawa yang sedalam-dalamnya atas kepergian (nama orang yang meninggal). Semoga keluarga yang ditinggalkan mendapatkan kekuatan dan kesabaran.
  • Aku turut berduka cita atas kepergian (nama orang yang meninggal). Aku berdoa supaya Tuhan menyembuhkan hatimu yang hancur dan senantiasa menyertaimu di sepanjang waktu yang menyedihkan ini.
  • Kami sekeluarga turut berdukacita atas kepergian (nama orang yang meninggal). Semoga keluarga yang ditinggalkan diberikan kekuatan dan ketabahan oleh Tuhan.
  • Aku sangat terpukul mendengar berita duka ini. Aku yakin sekarang (nama orang yang meninggal) sudah tenang dan bahagia di sisi-Nya.
  • Tuhan telah menyiapkan tempat terbaik untuk (nama orang yang meninggal). Tuhan sangat mencintanya. Turut berdukacita, dia telah bahagia di sana.
ADVERTISEMENT

Contoh Ucapan Turut Berduka Cita Kristen Protestan

Mengutip Pelayanan Pastoral kepada Orang Berduka oleh J. L. Ch. Abineno (2004: 160), dalam ajaran Kristen, kematian merupakan fase selanjutnya untuk bertemu Sang Pencipta di dalam kemuliaan-Nya. Jadi, kematian sebenarnya bukan hal buruk yang harus ditakuti.
Meskipun demikian, kematian membawa kesedihan dan kehilangan yang berat bagi keluarga, teman, dan orang-orang terdekat yang ditinggalkan. Sebab itu, alangkah baiknya untuk bisa menyampaikan kata-kata yang dapat memberi semangat dan menenangkan.
Berikut beberapa contoh ucapan turut berduka cita Kristen Protestan yang bisa diucapkan atau dikirimkan langsung kepada keluarga yang ditinggalkan.
  • Suatu kelahiran adalah kehendak Tuhan dan bukan sebuah kehendak kita. Kematian juga bukanlah kehendak dan pilihan kita. Namun, kehidupan kita adalah sebuah pilihan kita sendiri. Orang yang meninggalkan anda lebih bahagia ketika melihat anda bersuka ria daripada bersedih. Hanya doa yang bisa kita panjatkan semoga semua kebaikannya diterima di sisi-Nya. Sebab hanya itu saja yang pantas untuk segala jasanya selama masa hidupnya.
  • Tuhan memberi, Tuhan pula yang mengambil. Selamat jalan ke surga Bapa saudaraku. Segala teladan iman Kristiani akan selalu kami wariskan ke anak-anak cucu kita kelak.
  • Karena engkau telah bersama-Nya. Berada dalam lingkungan surga bersama dengan telaga yang menganak sungai. Engkau berenang dengan penuh gembira. Yang airnya mengalir dalam tangis duka kami yang kehilangan. Tinggallah bersama Kristus dalam keabadian.
  • Tuhan telah memanggilmu pulang. Dia begitu mencintaimu, Dia tidak ingin engkau terus menderita dalam sakit. Pulanglah, Bapa telah menunggumu di surga.
Ilustrasi berdua cita. Foto: Unsplash
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi berdua cita. Foto: Unsplash

Ucapan Turut Berduka Cita Kristen Protestan dalam Bahasa Inggris

ADVERTISEMENT
Berikut beberapa contoh ucapan turut berduka cita bahasa Inggris untuk umat Kristen.
  • Goodbye, my best friend, it's already the way you get the chance to live in the beautiful paradise of Christ. Pray for us who are still on pilgrimage in this world. We will always remember your kindness.
  • When the burden on the soul cannot be unraveled, only tears show all. Goodbye my friend. Our prayers with you that you are always in a beautiful paradise.
  • Goodbye, my friend, welcome back to heaven, a peaceful Father. All your kindness and generosity will become a fruitful tree. Our prayers guide your path.
  • God gives, God also takes. Goodbye to heaven, Father, my brother. We will leave all examples of Christian faith to our children and grandchildren.
ADVERTISEMENT
Selain untuk umat Kristen Protestan, ucapan di atas juga dapat diberikan sebagai ucapan turut berduka cita Katolik untuk umat beragama Katolik. Ucapan tersebut ditujukan bagi keluarga dan kerabat yang ditinggalkan dan bertujuan untuk menyemangati mereka supaya tetap tegar dan tidak terlalu meratapi kesedihan, duka yang dialami, serta dapat diberi kekuatan oleh Tuhan agar kembali menemui hati yang seterang Kudus.

Ucapan Turut Berduka Cita dalam Islam

Ilustrasi wanita Muslim yang sedang berduka. Foto: Unsplash
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi wanita Muslim yang sedang berduka. Foto: Unsplash
Bagaimana ucapan belasungkawa dalam Islam? Berikut beberapa contoh ucapan turut berduka cita yang Islami untuk disampaikan kepada sesama umat Muslim.
  • Innalillahi wa inna ilaihi raji’un, turut berduka cita dari kami sekeluarga. Semoga kamu diberi ketabahan untuk menerima cobaan ini. Tetaplah kuat untuk melewati hari meskipun tanpa almarhum.
  • Innalillahi wa inna ilaihi raji’un, saya tidak menyangka almarhum akan kembali ke pangkuan-Nya secepat ini. Bagi keluarga yang ditinggalkan, semoga senantiasa diberi keikhlasan dan kesabaran.
  • Sesungguhnya semua yang ada di bumi ini adalah milik Allah dan akan kembali kepada-Nya cepat ataupun lambat. Kami turut berduka cita atas wafatnya almarhum, semoga amal perbuatannya dapat diterima oleh Allah.
  • Innalillahi wa inna ilaihi raji'un, semoga Allah memperluas kuburnya dan meneranginya dengan berkah-Nya. Semoga amal ibadahnya diterima oleh Allah dan ditempatkan di tempat yang paling baik.
  • Innalillahi wa inna ilaihi raji'un, semoga Allah mengampuni dosa-dosa almarhum dan menerima segala ibadah yang telah dilakukanya. Semoga Allah memberikan tempat terbaik di akhirat untuk almarhum.
ADVERTISEMENT

Bagaimana Cara Menghibur Orang yang Sedang Berduka?

Ilustrasi menghibur orang yang sedang berduka. Foto: Unsplash
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi menghibur orang yang sedang berduka. Foto: Unsplash
Ketika seseorang sedang berduka karena kehilangan, mungkin sulit untuk mengetahui apa yang harus dikatakan atau dilakukan. Orang yang berduka mengalami dengan banyak emosi yang intens dan menyakitkan, bahkan termasuk depresi, kemarahan, rasa bersalah, dan kesedihan yang mendalam.
Seringkali, orang yang berduka merasa terisolasi dan sendirian dalam kesedihan mereka. Hal tersebut tentunya membuat orang-orang di sekitarnya kesulitan untuk menghibur atau memberikan dukungan.
Kendati begitu, tetap ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menghibur dan membantu orang yang sedang berduka. Dikutip dari The Recovery Village dan Help Guide, berikut beberapa cara menghibur seseorang ketika sedang berduka.
ADVERTISEMENT
  1. Pahami bahwa setiap orang berduka dengan cara yang berbeda dan untuk jangka waktu yang berbeda pula. Karenanya, biarakan orang yang sedang berduka untuk memiliki waktunya sendiri, tapi pastikan bahwa dia tahu ada orang yang siap sedia untuk mendengarkannya.
  2. Berikan pelukan jika orang tersebut mengizinkannya. Pelukan yang hangat umumnya dapat meredakan perasaan berkecamuk yang dihadapi.
  3. Bersikap terbuka dengan situasi kehilangan yang dihadapi, seperti mengatakan, "Saya mendengar bahwa ayahmu meninggal." dengan menggunakan kata "meninggal", ini menunjukkan bahwa orang tersebut terbuka untuk berbicara tentang perasaan kepada orang yang sedang berduka.
  4. Ekspresikan kekhawatiran, seperti mengucapkan, "Saya turut berdukacita atas apa yang kamu alami.". Hindari menggunakan kata-kata "jangan terlalu sedih" atau "semua akan baik-baik saja". Biarkan orang merasakan duka yang dialaminya.
  5. Bertanya pada orang yang sedang berduka apa yang bisa dilakukan untuk meringankan rasa sedihnya, apakah dia mau bercerita atau hanya menemaninya saja.
ADVERTISEMENT
(DNR & SFR)
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020