News
·
25 November 2020 21:44

Lambang Pancasila dan Makna Perisai pada Lambang Garuda Indonesia

Konten ini diproduksi oleh Berita Update
Lambang Pancasila dan Makna Perisai pada Lambang Garuda Indonesia (48673)
Lambang Negara Indonesia dan Lambang Pancasila Foto: dok Cerdika
Lambang Pancasila yang terdapat di dalam tiap-tiap sila dalam Pancasila ini menjadi simbol yang mewakili tiap sila yang tercantum dalam Pancasila. Tak hanya lambang Pancasila saja yang harus kita ketahui, lambang perisai yang ada di dalam Lambang Negara Indonesia yang berupa Garuda Pancasila ini juga harus kita pahami arti dan filosofinya.
ADVERTISEMENT

Lambang Pancasila dan Perisai pada Garuda Pancasila

Lambang Pancasila yang terdapat juga terdapat di dalam lambang Negara Indonesia ini ternyata mewakili tiap-tiap sila yang terdapat dalam Pancasila. Untuk mengetahui apa saja lambang Pancasila dan juga arti dari Garuda Pancasila sebagai Lambang Negara Indonesia, Anda dapat mengetahui dalam artikel ini.
Lambang Pancasila yang terdiri dari lima lambang ini menjadi simbol dari tiap-tiap sila yang tercantum dalam Pancasila. Pada sila pertama yang berbunyi Ketuhanan Yang Maha Esa dilambangkan dengan bintang dengan latar hitam. Lambang Pancasila ini terletak pada bagian tengah lambang Garuda Pancasila.
Lambang Pancasila dan Makna Perisai pada Lambang Garuda Indonesia (48674)
Garuda Pancasila Foto: dok Minews ID
Sedangkan pada Sila Kedua yang berbunyi Kemanusiaan yang Adil dan Beradab dilambangkan dengan tali rantai bermata bulatan dan persegi dengan latar merah. Lambang Pancasila ini terletak di bagian kanan bawah perisai lambang Garuda Pancasila.
ADVERTISEMENT
Sila Ketiga yang berbunyi Persatuan Indonesia dilambangkan dengan pohon beringin dengan latar putih. Lambang Pancasila Sila ke-3 ini terletak di bagian kanan atas perisai. Di sebelah lambang ini terdapat lambang Pancasila sila ke-4 yang dilambangkan dengan kepala banteng berlatar merah, yang berposisi di kiri atas perisai dari Garuda Pancasila.
Sila terakhir yaitu sila kelima yang berbunyi “Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia” ini dilambangkan dengan kapas dan padi berlatar putih, dan letaknya di bagian kiri bawah perisai. Dari Perisai yang berisikan kelima lambang Pancasila ini ternyata memiliki makna tersendiri. Makna perisai yang ada di tengah lambang Garuda Pancasila ini melambangkan perjuangan, pertahanan, dan perlindungan diri untuk mencapai tujuan.
Dengan lambang Pancasila di dalam perisai ini mengartikan bahwa Pancasila sebagai dasar negara dan juga menjadi pedoman hidup warga negara Indonesia dalam bermasyarakat dan bernegara agar tercapainya negara yang aman dan tentram. (DA)
ADVERTISEMENT