Bola & Sports
·
14 Januari 2021 17:14

Latihan Sikap Lilin Dapat Menjaga Kebugaran Tubuh

Konten ini diproduksi oleh Berita Update
Latihan Sikap Lilin Dapat Menjaga Kebugaran Tubuh (12406)
Ilustrasi latihan sikap lilin bersama trainer. Sumber: Freepic
Sikap lilin merupakan salah satu latihan yang bisa kita terapkan untuk menjaga kebugaran tubuh. Jika kita berniat untuk melakukan latihan satu ini secara rutin, maka tubuh kita juga bisa menjadi lebih lentur dan fleksibel.
ADVERTISEMENT
Sikap lilin pada dasarnya termasuk ke dalam kategori senam lantai. Olahraga jenis ini sendiri sering dianggap sebagai latihan yang paling mudah dan ringan untuk dilakukan lho! Pasalnya untuk menjalankan latihan ini, kita tidak terlalu membutuhkan banyak peralatan pendukung. Hal yang perlu kita sediakan hanyalah alas berupa matras untuk mengurangi cidera akibat benturan.

Teknik Sikap Lilin untuk Olahraga Rutin

Sebagai bagian dari olahraga gymnastik, sikap lilin tentu sangatlah bermanfaat untuk menjaga kebugaran jasmani. Khususnya dalam hal menjaga kelenturan (flexibility) dan berlatih keseimbangan (balance), serta membuat otot-otot menjadi lebih fit dan prima.
Jika kamu berniat untuk melakukan olahraga ini secara rutin setiap pagi, maka teknik-teknik berikut ini bisa kamu ikuti:
ADVERTISEMENT
  1. Pertama-tama posisikanlah tubuhmu terlentang di atas matras, dengan kondisi kaki lurus dan rapat, serta simpan kedua tangamu lurus disamping tubuh
  2. Setelah itu gerakan perlahan kedua kakimu ke atas dalam keadaan lurus, serta gunakan bahu dan siku sebagai tumpuan di atas matras
  3. Luruskan terus kakimu ke arah atas dengan bantuan tangan dengan mendorong bagian pinggul secara perlahan
  4. Setelah kedua kakimu sudah terangkat sempurna, pertahankan posisi tersebut selama beberapa menit untuk melatih keseimbangan tubuhmu (balance)
  5. Jika ingin menyudahi latihan tersebut, kamu bisa kembali menurunkan kedua kaki dalam posisi lurus secara perlahan agar tidak menimbulkan cidera yang serius
Seperti apa yang sudah disebutkan tadi, teknik olahraga satu ini terbilang cukup mudah untuk dilakukan bukan? Bahkan latihan tersebut juga memungkin kita untuk melakukannya seorang diri di rumah. Meskipun demikian, namun beberapa sumber lainnya tidak menyarakan seseorang untuk berlatih sikap lilin seorang diri, mereka justru menganjurkan kita untuk mencari partner ataupun trainer yang dapat membantumu selama latihan berlangsung, khusunya bagi para pemula. (HAI)
ADVERTISEMENT