Bola & Sports
·
22 Januari 2021 13:07

Lompat Kangkang dan Berbagai Manfaatnya Bagi Tubuh

Konten ini diproduksi oleh Berita Update
Lompat Kangkang dan Berbagai Manfaatnya Bagi Tubuh (121751)
searchPerbesar
Ilustrasi Lompat Kangkang, Foto: Dok. penjaskes.co.id
Tahukah kamu, meski dalam namanya terdapat kata lompat, namun sebenarnya lompat kangkang termasuk ke dalam kategori senam lantai?
ADVERTISEMENT
Lompat kangkang adalah salah satu jenis gerakan senam lantai yang dilakukan dengan menggunakan peti lompat dengan posisi badan agak sedikit condong ke depan, kemudian membuka kedua kakinya atau kangkang saat melewati peti lompat tersebut.
Lompat kangkang merupakan salah satu jenis senam dimana seluruh unsur gerakannya saling terkait satu sama lain. Hal ini menimbulkan sejumlah manfaat bagi tubuh, terlebih jika dilakukan secara rutin. Berikut penjelasannya.

1. Lompat Kangkang: Mengencangkan dan Melatih Kekuatan Otot

Mengencangkan dan melatih kekuatan otot adalah salah satu manfaat utama dari gerakan lompat ini, terutama untuk otot kaki dan otot tangan. Hal ini karena kaki menjadi kekuatan utama dalam membantu melakukan lompatan tinggi melewati peti lompat, serta bagian tangan menjadi tumpuan utama saat melakukan gerakan tolakan.
ADVERTISEMENT

2. Menjaga Keseimbangan Tubuh

Hasil dari gerakan kaki dan tangan yang terlatih karena melakukan gerakan lompat kangkang nyatanya dapat berpengaruh pada keseimbangan tubuh. Hal ini karena terdapat unsur gerakan di dalam lompat kangkang dimana kaki dan tangan menjadi tumpuan utama. Jika tidak mampu menjaga keseimbangan, maka kemungkinan besar tubuh akan jatuh ke samping dan gagal melakukan lompat kangkang.
Dengan rutin melakukan lompat kangkang, peredaran darah ke semua organ tubuh menjadi lebih lancar dan terkontrol sehingga daya keseimbangan tubuh pun menjadi lebih tinggi.

3. Meningkatkan Kelenturan Tubuh

Melakukan lompat kangkang secara rutin terbukti mampu meningkatkan kelenturan tubuh. Hal ini karena dalam melakukan lompat kangkang terdapat gerakan dimana tubuh dituntut untuk lentur agar dapat melompat dengan sempurna. Dengan melakukan lompat kangkang secara rutin, kelenturan tubuh akan semakin meningkat.
ADVERTISEMENT

4. Membakar Kalori

Meski lebih banyak menggunakan otot kaki dan tangan, namun secara keseluruhan seluruh gerakan lompat kangkang juga memanfaatkan seluruh anggota badan sehingga dapat membantu membakar kalori melalui keringat. Semakin banyak tenaga yang dikeluarkan untuk melakukan lompat kangkang, maka semakin banyak keringat yang dikeluarkan dan berdampak pada pembakaran kalori.
Itu dia ulasan mengenai manfaat lompat kangkang bagi tubuh. Semoga artikel ini bermanfaat, dan selamat mencoba melakukan lompat kangkang!
(RYFA)