Tekno & Sains
·
23 Februari 2021 20:58

Macam-macam Energi Panas yang Dihasilkan dari Energi Listrik

Konten ini diproduksi oleh Berita Update
Macam-macam Energi Panas yang Dihasilkan dari Energi Listrik (142)
Ilustrasi Energi Panas yang dihasilkan oleh Energi Listrik. Sumber: Achudh Krishna-Unsplash.com
Energi panas atau energi kalor, adalah energi yang dihasilkan oleh gerak partikel penyusun dalam bena (Alfatah dan Muji, 2009:67). Ingatkah kamu tentang hukum kekekalan energi yang berbunyi, “Energi tidak dapat diciptakan dan tidak dapat dimusnahkan, energi hanya dapat diubah dari suatu bentuk ke bentuk lainnya”?
ADVERTISEMENT
Berdasarkan hukum kekekalan energi tersebut maka dapat diartikan bahwa energi panas juga tidak bisa diciptakan, tidak dapat dimusnahkan, tapi bisa diubah dari sebuah bentuk ke bentuk lainnya. Energi panas yang ada di bumi tidak akan pernah musnah misalnya, panas matahari, panas bumi, dan api. Ternyata, energi panas itu sendiri bisa dihasilkan dari energi lain, lho!

Energi Panas yang dihasilkan dari Energi Listrik

Energi panas dapat dihasilkan dari energi listrik. Salah satu contoh sederhananya adalah alat setrika listrik yang mengubah aliran listrik menjadi energi panas. Setrika dapat menghasilkan energi panas akibat adanya elemen panas yang berfungsi sebagai hambatan listrik. Jadi, ketika elemen tersebut dialiri oleh arus listrik dalam waktu tertentu maka sebagian arus listrik yang ada akan berubah menjadi energi panas. Adapun contoh benda-benda lainnya adalah sebagai berikut.
ADVERTISEMENT
  • Kompor listrik, kompor listrik kini mulai digemari sebab lebih ramah lingkungan dibandingkan kompor dengan bahan bakar minyak tanah atau gas.
  • Pemanas ruangan, di Indonesia, alat pemanas ruangan tidak terlalu diperlukan. Namun, negara dengan empat musim memiliki pemanas ruangan untuk menjaga suhu ruang tetap nyaman di saat musim dingin tiba.
  • Pengering rambut, alat ini menggunakan elemen pemanas untuk mengubah arus listrik menjadi energi panas yang dapat membantu manusia mengeringkan rambutnya atau bulu hewan peliharaan.
  • Alat penanak nasi yang biasa digunakan di rumah kita juga merupakan salah satu contoh alat yang memanfaatkan energi listrik untuk menghasilkan energi panas guna menanak nasi.
  • Solder, alat ini biasa digunakan oleh teknisi untuk melelehkan timah pada rangkaian elektrik.
Itulah macam-macam alat yang mampu menghasilkan energi panas dari energi listrik. Jadi, barang apa yang memanfaatkan energi listrik dan menghasilkan energi panas di rumahmu? (AA)
ADVERTISEMENT

sosmed-whatsapp-whitesosmed-facebook-whitesosmed-twitter-whitesosmed-line-white