Tekno & Sains
·
15 Januari 2021 14:40

Manfaat Lapisan Atmosfer Bagi Kehidupan di Bumi

Konten ini diproduksi oleh Berita Update
Manfaat Lapisan Atmosfer Bagi Kehidupan di Bumi (293015)
searchPerbesar
Ilustrasi Atmosfer, Foto: Dok. Pinterest
Lapisan atmosfer memiliki peran yang sangat penting bagi kehidupan di bumi. Atmosfer merupakan lapisan gas yang menyelimuti bumi. Lapisan gas ini terdiri atas nitrogen, oksigen, karbondioksida, argon, uap air, kripton, hidrogen, kalium, ozon, neon, serta xenon.
ADVERTISEMENT
Terdapat enam lapisan atmosfer yang menyelimuti bumi. Lapisan-lapisan tersebut memiliki perannya tersendiri. Troposfer sebagai lapisan paling pertama memiliki jarak 8-14 km dari permukaan bumi. Pada lapisan inilah perubahan cuaca terjadi.
Lapisan kedua merupakan stratosfer yang menjadi tempat pembentukan ozon. Terdapat lapisan gas yang melindungi permukaan bumi dari jatuhnya meteor, yakni mesosfer. Selain itu, terdapat termosfer yang dapat memantulkan gelombang radio dan tempat terjadinya fenomena alam aurora.
Ionosfer merupakan lapisan pertama yang melindungi jatuhnya meteor sebelum sampai ke mesosfer. Sementara lapisan terluar adalah eksosfer yang berfungsi sebagai perlindungan pertama bumi terhadap sinar matahari.

Manfaat Lapisan Atmosfer

Berikut adalah sejumlah manfaat lapisan atmosfer yang perlu kamu ketahui:

Melindungi dari Ultraviolet

Lapisan gas yang menyelimuti bumi salah satunya memeliki manfaat sebagai penyerap sinar ultraviolet yang dipaparkan oleh matahari. Hal tersebut membuat makhluk hidup yang ada di bumi dapat terlindung dari paparan sinar ultraviolet yang berbahaya.
ADVERTISEMENT

Mempertahankan Kehidupan di Bumi

Terdapat beberapa kandungan gas yang terdapat pada lapisan ozon seperti oksigen. Oksigen dibutuhkan seluruh makhluk hidup di bumi untuk bertahan hidup.

Mempertahankan Keseimbangan Energi

Pada lapisan troposfer, terjadi siklus perpindahan air yang nantinya menyebabkan hujan. Fenomena ini dihasilkan oleh ketidaksamaan panas di permukaan bumi, sehingga menciptakan pergerakan udara di lapisan ozon serta air di laut.

Melindungi Bumi

Sebelum menyentuh bumi, benda asing di angkasa yang jatuh akibat gravitasi terbakar pada lapisan mesosfer dan ionosfer. Adanya lapisan tersebut melindungi makhluk di bumi dari bahaya jatuhnya benda luar angkasa.
Selain itu, lapisan atmosfer juga mengatur proses penerimaan panas, serta memantulkan panas sinar yang dipancarkan oleh matahari ke angkasa. Lapisan gas yang menyelimuti bumi memiliki banyak manfaat bagi kehidupan di bumi. Lindungi bumi kita dari globalisasi, agar lapisan atmosfer tetap dapat berfungsi dengan baik.
ADVERTISEMENT
(RYFA)
sosmed-whatsapp-whitesosmed-facebook-whitesosmed-twitter-whitesosmed-line-white