Memahami Pengertian Wisatawan beserta Macam-Macam Klasifikasinya

Konten dari Pengguna
22 September 2023 19:12 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Update tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Pengertian Wisatawan. Sumber: Pexels/Pixabay
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Pengertian Wisatawan. Sumber: Pexels/Pixabay
ADVERTISEMENT
Beberapa pengguna bahasa Indonesia sering kali berhadapan dengan kondisi mengenal suatu kata, tetapi sulit untuk menjelaskan pengertian dari kata tersebut. Salah satu contoh adalah menjelaskan pengertian wisatawan.
ADVERTISEMENT
Wisatawan merupakan kata yang familier untuk menyebutkan seseorang atau sekelompok orang yang melakukan kegiatan wisata. Berdasarkan hal itu, wisatawan dapat diartikan sebagai orang yang melakukan wisata atau berwisata.

Pengertian Wisatawan

Ilustrasi Pengertian Wisatawan. Sumber: Pexels/Mihis Alex
Pengertian dari suatu kata sering kali menjadi pengetahuan penting bagi seseorang agar dapat menjelaskan suatu hal. Contohnya adalah pengetahuan tentang pengertian wisatawan yang dapat membantu seseorang menjelaskan hal-hal tentang wisatawan.
Dikutip dari laman KBBI Daring, kbbi.kemdikbud.go.id, arti dari kata wisatawan adalah orang yang berwisata. Berdasarkan adanya awalan ber- pada kata ‘berwisata’, dapat dipahami bahwa wisatawan adalah orang yang melakukan wisata.

Macam-Macam Klasifikasi Wisatawan

Ilustrasi Pengertian Wisatawan. Sumber: Pexels/Oleksandr P
Secara umum, setiap orang atau kelompok yang melakukan kegiatan wisata adalah wisatawan. Namun, secara spesifik, wisatawan terbagi dalam beberapa macam.
ADVERTISEMENT
Dikutip dari buku Dampak Citra Destinasi, Kualitas Pelayanan , dan Harapan Wisatawan, Maesaroh (2019: 43), Cohen mengklasifikasikan wisatawan berdasarkan tingkat familiarisasi dari daerah yang akan dikunjungi serta tingkat pengorganisasian wisatanya.
Masih mengutip dari buku yang sama, Maesaroh (2019: 43 – 44), berikut adalah empat klasifikasi wisatawan menurut Cohen.

1. Drifter

Drifter adalah klasifikasi wisatawan yang ingin mengunjungi daerah yang sama sekali belum diketahuinya serta bepergian dalam jumlah kecil.

2. Explorer

Explorer adalah klasifikasi wisatawan yang melakukan perjalanan dengan mengatur perjalanannya sendiri. Explorer tidak mau mengikuti jalan-jalan wisata yang sudah umum, melainkan memilih mencari hal yang tidak umum.

3. Individual Mass Tourist

Individual Mass Tourist adalah klasifikasi wisatawan yang menyerahkan pengaturan perjalanan kepada agen perjalanan dan mengunjungi daerah tujuan wisata yang sudah terkenal.
ADVERTISEMENT

4. Organized Mass Tourist

Organized Mass Tourist adalah klasifikasi wisatawan yang hanya mau mengunjungi daerah tujuan yang sudah terkenal dengan fasilitas seperti tempat tinggalnya dan dalam perjalanan selalu dipandu oleh pemandu wisata.
Berdasarkan ulasan tersebut, dapat dipahami bahwa pengertian wisatawan adalah orang yang melakukan wisata. Walaupun setiap orang yang melakukan wisata adalah wisatawan, kenyataannya ada klasifikasi jenis wisatawan. (AA)