Tekno & Sains
·
29 Juli 2021 9:43
·
waktu baca 2 menit

Mengenal Apa Itu Zigot dalam Kehamilan

Konten ini diproduksi oleh Berita Update
Mengenal Apa Itu Zigot dalam Kehamilan (393391)
searchPerbesar
Ilustrasi Mengenal Apa Itu Zigot dalam Kehamilan. Sumber: pexels.com
Kehamilan adalah fase penting bagi pasangan yang telah menikah. Dalam kehamilan ada beberapa hal yang harus diperhatikan, termasuk istilah-istilah dalam kehamilan termasuk mengenai zigot. Apa itu zigot? Zigot dapat ditemukan dalam tahap apa dalam kehamilan? Mari kita simak penjelasan berikut ini
ADVERTISEMENT

Pengertian Kehamilan

Penjelasan mengenai pengertian kehamilan dan zigot dalam artikel ini bersumber pada buku Kesehatan Reproduksi Wanita di Sepanjang Daur Kehidupan yang ditulis oleh Ade Tyas Mayasari, Hellen Febriyanti, dan Inggit Primadevi.
Kehamilan adalah suatu proses yang terjadi karena pelepasan sel telur, migrasi spermatozoa, dan ovum, konsepsi dan pertumbuhan zigot, nidasi atau implantasi pada uterus, pembentukan plasenta, dan tumbuh kembang hasil konsepsi sampai aterm. Masa kehamilan dimulai dari konsepsi hingga kelahiran janin.

Waktu Kehamilan

Lamanya kehamilan normal adalah 280 hari (40 minggu atau 9 bulan 7 hari). Kehamilan dibagi dalam 3 triwulan
  1. Triwulan pertama dimulai dari hasil konsepsi sampai 3 bulan.
  2. Triwulan kedua dimulai dari bulan keempat sampai 6 bulan.
  3. Triwulan ketiga sampai bulan ketujuh dan 9 bulan.
ADVERTISEMENT

Proses Kehamilan

Proses kehamilan dimulai dari bersatunya sel telur dan sel sperma saat proses pembuahan (fertilisasi). Hasil dari bersatunya sel telur dan sperma disebut embrio. Embrio berkembang dengan cara membelah secara berulang-ulang dan menempel pada lapisan endometrium. Setelah menempel pada endometrium, embrio kemudian berkembang menjadi sistem penyangga yang disebut plasenta.
Mengenal Apa Itu Zigot dalam Kehamilan (393392)
searchPerbesar
Sumber ilustrasi: https://www.freepik.com/

Tahap-tahap dalam proses kehamilan

Fertilisasi
Proses pembuahan atau bertemunya sel telur yang matang dengan sel sperma. Pembuahan terjadi dalam tuba falopii. Proses pembuahan terjadi saat kepala sperma atau spermatozoa mampu menembus ovum.
Zigot
Sel telur yang berhasil dibuahi kemudian bergerak dalam tuba falopii. Kemudian dalam rentang waktu 24-36 jam, zigot berkembang menjadi dua sel. Kemudian dalam 12 jam membelah lagi menjadi empat sel dan seterusnya. Proses ini yang disebut sebagai pembelahan sel.
ADVERTISEMENT
Morula
Setelah melewati tahapan zigot, embrio terus berkembang dan membelah diri hingga membentuk sel yang menyerupai buah blackberry. Tahap ini terjadi sekitar 3-4 hari setelah pembuatan terjadi. Morula meninggalkan tuba falopii menuju rongga uterus.
Blastosit
Fase ini berlangsung pada hari ke-6 setelah proses pembuahan. Morula membentuk sebuah rongga lubang yang disebut blastosit. Blastosit mengambang dalam uterus sekitar 48 jam sebelum menempel pada dinding uterus.
Cakram Embrionik
Cakram ini memisahkan kumpulan sel ke dalam rongga amnion. Rongga inilah yang akan berkembang menjadi sebuah kantong yang berisi cairan amnion yang menyeimuti embrio. Selanjutnya embrio akan berkembang menjadi janin dalam uterus.
Sekian penjelasan mengenai kehamilan dan zigot. Semoga dapat menambah wawasan para calon orangtua.(IND)
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-whitesosmed-facebook-whitesosmed-twitter-whitesosmed-line-white