Tekno & Sains
·
12 Januari 2021 17:20

Mengenal Bagian-Bagian Telinga Beserta Fungsinya

Konten ini diproduksi oleh Berita Update
Mengenal Bagian-Bagian Telinga Beserta Fungsinya (236376)
Bagian-Bagian Telinga, Foto: Dok. freepik.com
Sama halnya dengan bagian tubuh lainnya, bagian-bagian telinga memiliki peran dan fungsinya masing-masing. Telinga sendiri merupakan salah satu organ tubuh yang berfungsi sebagai sistem pendengaran dan keseimbangan.
ADVERTISEMENT
Untuk fungsi pendengaran, telinga menangkap dan mengubah bunyi berupa energi mekanis menjadi energi elektris secara efisien, yang kemudian diteruskan kepada otak untuk disadari dan dimengerti. Sedangkan untuk fungsi keseimbangan, telinga bekerja dengan kombinasi organ sensorik di telinga bagian dalam, input visual, serta informasi yang diterima dari reseptor dalam tubuh yang kemudian diproses di otak kecil dan korteks otak.

Fungsi Bagian-Bagian Telinga

Tidak seperti yang nampak dari luar, struktur anatomi telinga sebenarnya terbagi tiga, yakni telinga bagian luar, telinga bagian tengah, serta telinga bagian dalam. Agar lebih paham, simak penjelasannya berikut ini!
1. Telinga Luar
  • Daun Telinga: Bagian yang terlihat jelas dari luar. Tersusun dari tulang rawan dan kulit, daun telinga berfungsi meneruskan dan mengarahkan gelombang suara ke saluran telinga luar.
  • Saluran Telinga: Disebut juga sebagai kanal telinga, saluran tellinga menghubungkan antara telinga luar dengan telinga tengah.
ADVERTISEMENT
2. Telinga Tengah
  • Gendang Telinga: Adalah batas antara telinga luar dan telinga dalam. Gendang telinga berfungsi menerima getaran suara dari luar yang disalurkan melalui rongga telinga.
  • Osikel: Adalah sekumpulan tulang yang menyusun telinga tengah. Osikel terdiri dari tulang maleus (martil), tulang landasan (incus), serta tulang sanggurdi (stapes).
  • Tuba Eustasia: Adalah bagian yang menghubungkan telinga tengah dengan bagian belakang hidung dan tenggorokan. Tuba Eustasia berfungsi mengalirkan udara ke telinga tengah, dan membaa lendir berpindah ke tenggorokan.
3. Telinga Dalam
  • Koklea: Berbentuk seperti cangkang siput, koklea berfungsi mengubah geataran suara yang dikirim dari telinga tengah menjadi sinyal saraf yang nantinya disampaikan ke otak.
  • Kanal Semisirkular: Berfungsi untuk menjaga keseimbangan tubuh, kanal semisirkular berisi rambut-rambut halus dan cairan.
ADVERTISEMENT
(RYFA)

sosmed-whatsapp-whitesosmed-facebook-whitesosmed-twitter-whitesosmed-line-white