Mengenal Dabbah, Hewan Penanda Datangnya Kiamat

Konten dari Pengguna
19 Maret 2021 9:43
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Berita Update tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
kiamat merupakan suatu hal yang pasti terjadi. salah satu tandanya yakni munculnya hewan bernama dabbah. sumber gambar: pixabay.com
zoom-in-whitePerbesar
kiamat merupakan suatu hal yang pasti terjadi. salah satu tandanya yakni munculnya hewan bernama dabbah. sumber gambar: pixabay.com
ADVERTISEMENT
Kiamat merupakan suatu fenomena yang akan terjadi di alam semesta. Tidak ada yang tahu pasti kapan hal tersebut akan terjadi, kecuali Allah SWT. Dalam agama Islam sendiri, allah mengutus nabi dan rosul untuk menyampaikan kabar tentang kiamat beserta tanda-tandanya.
ADVERTISEMENT
Salah satu tanda akan datangnya hari kiamat yaitu munculnya hewan bernama dabbah. Binatang ini merupakan sejenis binatang aneh yang muncul dari perut bumi dan bisa berbicara. Lalu, binatang apakah ini sebenarnya?

Karakter dan Ciri Khas Hewan Dabbah

Dikutip dari buku Tanda-tanda Kiamat karangan Shufiy (2007:117), ada beberapa ciri khas dan karakter yang dimiliki oleh hewan Ad-dabbah. Satu hal yang pasti adalah bahwa karakter dari hewan tersebut sangat berbeda dengan hewan pada umumnya yang ada di muka bumi ini.
Jika hewan tersebut sama seperti hewan lain yang biasa kita temui, sudah pasti hal tersebut tidak bisa dimaknai sebagai tanda-tanda besar hari kiamat. Lebih lanjut lagi, Shufiy mengungkapkan bahwa Ad-Dabbah termasuk salah satu mukjizat Allah Yang Maha Besar.
ADVERTISEMENT
Cukuplah firman Allah yang dapat dijadikan dalil pasti bahwa tubuh Ad-Dabbah ini begitu besar dan kemampuannya sangat luar biasa dalam menjalankan perintah Allah SWT.
Ibnu Abbas r.a pernah berkata, “Ad-dabbah adalah hewan yang memiliki rambut dan bulu yang memiliki semua warna dan empat kaki ditubuhnya.”
Ibnu Abbas juga menerangkan bahwasanya dabbah menyandang semua warna hewan yang ada dan mempunyai karakter semua umat. Karakter dari umat yang dimaksud di sini yaitu dapat fasih berbicara Bahasa Arab. Ad-dabbah berbicara dengan manusia sesuai dengan bahasa mereka masing-masing.
Hal ini juga didukung dengan perkataan Abu Hurairah, “Ad-dabbah memiliki semua warna. Di antara kedua tanduknya ada suatu jarak yang sangat panjang untuk diduduki pengendaranya.”
Ibnu Zubair r.a juga pernah meriwayatkan, “Telinganya adalah telinga gajah, tanduknya tanduk kijang, panggulnya panggul kucing, kakinya kaki unta, ekornya ekor kambing dan di antara sendi-sendinya berjarak dua belas hasta.”
ADVERTISEMENT
Ibnu Abbas menerangkan ciri khas dari dabbah yaitu mempunyai leher panjang, nampak dari timur dan barat, wajahnya menyerupai wajah manusia, paruhnya seperti paruh burung. Berambut dan berbulu.
Dengan mengetahui karakter dan ciri khasnya tersebut, hendaknya kita sebagai manusia cukup mempercayainya karena kabar tersebut berasal dari Nabi Muhammad SAW, makhluk yang paling dekat dengan Allah SWT. Semoga kita senantiasa diberikan syafaa’at hingga di hari kiamat tiba. Wallahualam bishawab.
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·