Tekno & Sains
·
2 Maret 2021 13:34

Mengenal Jenis Pesawat Sederhana yang Ada di Sekitar

Konten ini diproduksi oleh Berita Update
Mengenal Jenis Pesawat Sederhana yang Ada di Sekitar (60919)
ilustrasi Penggunaan Pesawat Sederhana dalam Kehidupan. Sumber: Freepik.com
Pesawat sederhana merupakan istilah yang digunakan untuk menyebut alat-alat yang digunakan untuk meringankan pekerjaan dalam sehari-hari.
ADVERTISEMENT
Seperti halnya dalam melakukan pekerjaan mengangkat drum ke mobil, tentunya membutuhkan papan bidang miring agar lebih ringan. Alat tersebut secara tidak sadar banyak membantu berlangsungnya kehidupan kita menjadi lebih mudah.
Banyak macam pesawat sederhana yang harus diketahui. Beberapa teori yang digunakan ada empat macam yaitu, tuas atau pengungkit, bidang miring, katrol, dan roda gigi.

Jenis Pesawat Sederhana Sering digunakan dalam Pekerjaan

Untuk bekerja, jenis-jenis ini membutuhkan gaya kuasa dan menambah kecepatan usaha. Dilansir dari situs Kemendikbud, berikut adalah ulasan tentang jenis dan contohnya.
1. Tuas (Pengungkit)
Tuas atau pengungkit merupakan salah satu alat pesawat sederhana yang digunakan untuk mengungkit, mencabut, atau mengangkat benda. Dapat juga digunakan untuk memindahkan benda berat dengan gaya yang kecil. Beberapa bagian dari pengungkit, yaitu titik tumpu, titik beban, dan titik kuasa.
ADVERTISEMENT
Contoh:
  • Penggunaan pengungkit jenis pertama dalam kehidupan adalah jungkat-jungkit. Di mana letak titik tumpu berada di antara beban dan kuasa.
  • Penggunaan pengungkit jenis kedua dalam kehidupan yaitu, gerobak dorong pada bangunan. Di mana letak titik bebannya berada diantara titik tumpu dan titik kuasa.
  • Penggunaan pengungkit jenis ketiga dalam kehidupan yaitu orang yang mengangkat pasir menggunakan sekop dan menggunakan sendok masuk ke mulut. Di mana letak titik kuasa berada diantara titik tumpu dan titik beban.
2. Katrol
Katrol adalah sebuah roda yang sekelilingnya diberi tali. Katrol dapat memudahkan pekerjaan manusia karena dapat mengubah gaya angkat ke atas menjadi gaya tarik ke bawah.
Jenis katrol dan contohnya dibedakan menjadi berikut ini,
Katrol Tetap
ADVERTISEMENT
Katrol tetap adalah katrol yang dipasang tetap pada suatu titik. Biasanya digunakan untuk mengubah arah gaya yang kita keluarkan
Contohnya: Katrol untuk mengambil air di sumur, kerekan gorden, dan katrol untuk mengangkut barang pada bangunan.
Katrol Bebas
Katrol bebas dapat bergerak secara bebas dan tidak mengubah arah gaya yang dikeluarkan.
Contohnya: Mengangkut peti kemas ke dermaga dan alat pengangkut bahan bangunan pada gedung bertingkat.
3. Bidang Miring
Bidang miring adalah suatu permukaan datar yang memiliki suatu sudut, yang bukan sudut tegak lurus, terhadap permukaan horizontal. Gaya yang dikeluarkan akan semakin kecil jika suatu bidang tersebut memiliki kemiringan yang sesuai. Sebaliknya, jika semakin curam maka gaya yang dibutuhkan akan lebih besar, dengan jarak yang lebih pendek.
ADVERTISEMENT
Contohnya: Tangga miring yang Anda lewati, jalan berkelok pada dataran tinggi, dan papan miring untuk menaikan drum ke bak mobil.
4. Roda
Roda digunakan untuk memindahkan benda agar lebih ringan. Pada cara kerjanya, roda punya poros yang bisa berputar pada porosnya.
Contohnya:
  • Roda Setali. Dua buah roda atau lebih yang dihubungkan dengan tali. Biasanya digunakan untuk menghubungkan rantai dan roda pada sepeda motor.
  • Roda Sepusat. Dua buah roda atau lebih yang memiliki pusat yang sama. Biasanya digunakan pada roda truk besar.
  • Roda Bersinggungan. Dua buah roda atau lebih yang saling bersinggungan satu sama lain. Digunakan pada roda gerak dalam jam.
Itulah jenis pesawat sederhana dan contohnya yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Semoga ulasan di atas dapat membantu proses belajar kamu, ya! (AA)
ADVERTISEMENT

sosmed-whatsapp-whitesosmed-facebook-whitesosmed-twitter-whitesosmed-line-white