Mengenal Sistem Reproduksi Wanita dan Fungsinya

Konten dari Pengguna
2 April 2021 20:22
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Berita Update tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Periksa Sistem Reproduksi Wanita Sebelum Menikah. Sumber: Anete Lusina-Pexels.com
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Periksa Sistem Reproduksi Wanita Sebelum Menikah. Sumber: Anete Lusina-Pexels.com
ADVERTISEMENT
Sistem reproduksi wanita adalah bagian yang sangat kompleks. Wanita pasti pernah mengalami terlambat menstruasi atau mungkin mengalami dua kali menstruasi pada satu bulan yang sama. Berbeda dengan buang air kecil atau buang air besar, menstruasi tidak dapat dikontrol atau dikendalikan oleh manusia. Namun, bisa diperbaiki dengan gaya hidup yang lebih sehat.
ADVERTISEMENT
Seorang dokter bernama Siti Suparti menulis sebuah buku yang berjudul “99++ Solusi Medis Herbal dan Holistik Atasi Berbagai Penyakit”. Salah satu pembahasan di dalam buku tersebut adalah tentang cara untuk memperbaiki siklus menstruasi. Suparti (2017: 89) mengatakan bahwa ada penelitian bahwa akupuntur memiliki kegunaan untuk memperbaiki siklus menstruasi. Selain itu, asupan makanan pun harus diperhatikan. Sebaiknya, wanita memerlukan air putih sebanyak 2 – 3 liter setiap harinya dan perlu untuk mengonsumsi sayuran hijau yang cukup.
Telat menstruasi tentu tidak nyaman bukan? Terkadang beberapa perempuan merasa badannya pegal-pegal atau wajahnya berjerawat, tapi tak kunjung mengalami menstruasi. Ternyata, selain memberikan kesan tidak enak badan, telat menstruasi pun dapat memengaruhi peluang kehamilan.

Pentingnya Periksa Sistem Reproduksi Wanita

Berdasarkan pemaparan di atas, seharusnya wanita lebih peka terhadap kesehatan dirinya sendiri. Wanita bisa mengunduh aplikasi atau membuat kalender khusus menstruasi agar bisa mengetahui kestabilan siklusnya. Selain itu, wanita juga perlu melakukan pemeriksaan sistem reproduksi sebelum menikah. Mengapa demikian?
ADVERTISEMENT
Bukan hanya untuk kesehatan calon janin, periksa kesehatan reproduksi ini juga memiliki manfaat bagi wanita. Hal ini dikarenakan, mengandung bukanlah perkara mudah. Perlu kondisi rahim dan tubuh yang prima agar masa kehamilan menjadi lebih ringan. Jadi, wanita dapat menyehatkan dulu dirinya sebelum memasuki kehamilan. Adapun cara untuk memeriksa kesehatan sistem reproduksi bisa dilakukan dengan pengecekan organ melalui alat USG (ultrasonografi). Anda bisa meminta dokter untuk melakukan pemeriksaan menyeluruh meliputi vagina, leher rahim, rahim, saluran telur, serta indung telur.
Selain itu, ada baiknya jika ingin menikah, Anda perlu melakukan rangkaian cek darah bersama pasangan untuk mengurangi potensi penyakit. Demikian, baik wanita maupun pria yang memiliki penyakit bisa disembuhkan terlebih dahulu sebelum menikah atau memutuskan untuk hamil. Semoga Anda dan pasangan Anda sehat, ya! (AA)
ADVERTISEMENT