Woman
·
16 Desember 2020 15:30

Menggambar Model Harus Menggunakan 6 Prinsip di Bawah Ini!

Konten ini diproduksi oleh Berita Update
Menggambar Model Harus Menggunakan 6 Prinsip di Bawah Ini! (110625)
searchPerbesar
Menggambar model sumber foto: Dictio Community
Menggambar model merupakan aktivitas meniru model yang sudah ditentukan sebelumnya. Aktivitas ini biasanya dilakukan dengan cara mengamati obyek dan menuangkannya di atas kertas. Obyek dari model yang bisa ditiru adalah makhluk hidup, benda alam, benda mati, dan sebagainya.
ADVERTISEMENT
Sebelum menggambar model, Anda harus mempersiapkan beberapa bahan seperti pensil, penghapus, kertas, pensil warna, cat air, atau krayon. Selain itu, dalam menggambar model, Anda harus menggunakan beberapa prinsip di bawah ini.

Menggambar Model dengan Menggunakan Prinsip Komposisi Simetris

Salah satu komposisi yang bisa Anda jadikan prinsip saat menggambar model adalah simetris. Cara menyusun komposisi ini adalah dengan meletakkan gambar pada posisi yang seimbang. Adanya komposisi ini membuat gambar terlihat lebih rapi dan teratur. Tidak hanya bentuk, tapi juga akan menghasilkan ukuran yang sama.
Komposisi Asimetris
Komposisi ini tidak harus menyusun gambar dalam bentuk yang sama. Malah, komposisi ini akan menyusun gambar secara tidak beraturan, tapi tetap memperhatikan keseimbangan. Contohnya, bentuk yang besar akan diimbangi dengan bentuk yang kecil, warna yang kontras akan diimbangi dengan warna lembut, dan lain sebagainya.
ADVERTISEMENT
Komposisi Sentral
Komposisi sentral merupakan komposisi yang akan menyusun obyek gambar secara teratur. Namun, komposisi ini akan mengatur obyek dengan cara yang berbeda, yakni dengan cara memancar dan mengarahkan perhatian. Anda akan dibuat fokus pada bagian tengah media gambar yang berisi fokus utama gambar.
Proporsi
Proporsi menjadi salah satu prinsip yang harus dilakukan dalam menggambar model. Proporsi merupakan perbandingan antara obyek gambar secara ideal dan harmonis. Selain itu, prinsip ini juga mempelajari bagaimana ukuran pada obyek berhubungan dengan obyek lainnya.
Keseimbangan
Prinsip ini membuat hubungan antar komposisi benda menjadi seimbang dengan porsi yang pas. Keseimbangan pada gambar bisa didapatkan dengan cara memilih obyek yang seimbang. Anda harus memperhatikan warnanya agar tetap kontras.
ADVERTISEMENT
Kesatuan
Prinsip kesatuan menjadi prinsip terakhir dalam menggambar model. Adanya kesatuan menyebabkan keserasian antara obyek gambar dengan satu bingkainya. Hal ini diperoleh dari penyamaan kualitas pada bayangan dan cahaya. Selain itu, juga diperoleh dari kemiripan bentuk dan sentuhan pada warna.(ANG)