Bola & Sports
·
16 Februari 2021 12:43

Menjaga Kebugaran Jasmani Lewat Senam Lantai

Konten ini diproduksi oleh Berita Update
Menjaga Kebugaran Jasmani Lewat Senam Lantai (129323)
searchPerbesar
Ilustrasi senam lantai di atas matras. Sumber: Unsplash
Senam lantai merupakan olahraga ringan yang bisa kita lakukan untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Disamping itu, senam lantai sendiri diklasifikasikan sebagai jenis olahraga yang terbilang mudah untuk dilakukan oleh seseorang.
ADVERTISEMENT
Hal ini sendiri disebabkan karena olahraga senam lantai tidak terlalu membutuhkan alat bantu atau alat pendukung. Sebalaiknya jika kita ingin melakukan jenis olahraga aerobik satu ini, maka kita hanya perlu membutuhkan matras.
Pasalnya dikutip berdasarkan buku Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan (2018) oleh Suherman, senam lantai sendiri termasuk ke dalam cabang olahraga senam yang teknik gerakannya dilakukan di atas lantai beralaskan matras. Matras ini sendiri berguna untuk mengurangi benturan selama proses olahraga berlangsung, sekaligus untuk meminimalisir terjadinya cidera pada seseorang.

Senam Lantai Bermanfaat Untuk Menjaga Kebugaran Jasmani

Sebagai bagian dari cabang olahraga aerobik, senam lantai tentu dapat menjaga kesehatan serta kebugaran jasmani seseorang. Pasalnya beberapa teknik gerakan dasar dalam senam lantai dapat mengolah kekuatan serta fleksibilitas otot dalam tubuh agar tidak mudah mengalami kelelahan setelah beraktivitas.
ADVERTISEMENT
Pada dasarnya, terdapat banyak sekali gerakan senam lantai yang bisa kita lakukan untuk menjaga kebugaran tubuh, salah satunya ialah sikap lilin. Teknik senam lantai satu ini termasuk gerakan olahraga yang terbilang cukup mudah untuk dilakukan bahkan saat kita hanya seorang diri. Namun agar lebih aman bagi pemula, sebaiknya kita tetap mencari teman ataupun partner olahraga yang bisa membantu kita untuk melakukan teknik sikap lilin dengan tepat.
Jika kamu tertarik untuk rutin melakukan sikap lilin sebagai gerakan senam lantai untuk menjaga kebugaran tubuh, maka langkah awal atau posisi awal yang bisa kita terapkan adalah dengan cara berbaring di atas matras dengan meluruskan kedua kaki kemudian mengangkatnya secara perlahan ke arah atas hingga lurus dengan sedikit dorongan dari telapan tangan yang beradi di pinggul untuk menopang.
ADVERTISEMENT
Agar jauh lebih aman, kita bisa juga meminta bantuan seorang teman untuk memegangi kaki kita agar bisa melakukan gerakan sikap lilin yang sempurna selama beberapa menit ya! Yuk biasakan diri untuk berolahraga secara rutin setiap hari agar kita selalu sehat dan bugar! (HAI)