Woman
·
28 Juni 2021 16:25
·
waktu baca 3 menit

Menu Makan Siang Sehat dan Praktis Favorit Keluarga

Konten ini diproduksi oleh Berita Update
Menu Makan Siang Sehat dan Praktis Favorit Keluarga (6660)
searchPerbesar
unsplash.com - menu makan siang favorit
Setiap orang atau setiap keluarga pasti punya menu makan siang favorit masing-masing. Dan, karena kita hidup di Indonesia tentunya ada banyak ragam makanan tradisional juga makanan asing yang sudah diadaptasi yang bisa menjadi pilihan menu.
ADVERTISEMENT
Menu makan siang memang identik dengan makanan berat yang penuh dengan kandungan karbohidrat, protein bahkan lemak. Tapi sekali lagi, favorit kita belum tentu juga menjadi favorit orang lain.
Sebagai bahan referensi, berikut ada sepuluh menu makan siang yang mungkin salah satunya adalah favorit Anda, seperti yang ada di buku Menu Favorit Makan Siang + Sarapan, Maryam Kalangi, 2013.

10 Menu Makan Siang Favorit Keluarga

1. Tumis Kangkung
Menjadikan kangkung sebagai menu makan siang tentunya menyehatkan. Kangkung bisa menurunkan kolesterol, mengatasi anemia, juga mampu mencegah diabetes.
Anda juga tidak perlu repot untuk menyiapkan menu yang satu ini. Cara membuat tumis kangkung sangat sederhana dan praktis. Pastikan kangkung yang Anda pilih masih segar ya, jangan lupa untuk tambahkan bawang putih, minyak zaitun, dan saus tiram agar rasa dan aromanya semakin nikmat.
ADVERTISEMENT
2. Ayam Kukus Lemon
Ayam kukus lemon sebenarnya adalah resep super enak yang kelihatannya susah dibuat. Tapi, jangan salah! Sebenarnya cukup mudah kok membuatnya. Menu makan siang sehat ini cocok untuk menu diet Anda, karena selain enak, menu ini juga rendah kalori.
3. Mashed Potato
Menu makan siang sehat tanpa nasi ini tak perlu memerlukan waktu dan bahan-bahan yang banyak. Setelah kentang dihaluskan, Anda hanya perlu menambahkan susu dan keju agar rasanya semakin gurih.
4. Tumis Wortel dan Buncis
Cara memasak tumis wortel dan buncis ini sangat mudah. Anda tinggal menyiapkan buncis, buang bagian ujungnya, lalu iris-iris dengan halus. Untuk wortelnya, kupas atau serut bagian kulitnya dengan pisau atau alat khusus.
ADVERTISEMENT
Perpaduan warna dari buncis dan wortel yang cukup cerah ini membuat siapapun yang melihatnya langsung tertarik.
5. Udang Goreng Tepung Kriuk
Anda hanya perlu menyiapkan beberapa potong udang, lalu dibersihkan dan diberi perasan jeruk limo dan garam agar tidak berbau amis untuk membuat menu ini. Diamkan sebentar udangnya lalu goreng dengan dilapisi tepung serbaguna krispi.
6. Capcay
Capcay memang merupakan menu super sehat dan mudah untuk dibuat. Anda hanya perlu menyiapkan beberapa sayuran seperti wortel, brokoli, sawi, buncis dan kol, serta topping tambahan seperti baso, udang, daging ayam sesuai selera.
Tumis semuanya dengan bawang putih, bawang merah, garam, lada dan gula secukupnya. Bisa juga ditambah bumbu penyedap lainnya seperti saus tiram.
ADVERTISEMENT
7. Tempe dan Tahu Goreng
Cara paling sederhana dan praktis dalam menyajikan tempe dan tahu sebagai menu makan siang sederhana yang sehat adalah dengan menggorengnya. Potong tahu menjadi beberapa potongan kecil dan iris tempe menjadi lebih tipis. Rendam di dalam air garam atau bumbu penyedap rasa selama 20 menit lalu goreng. Sajikan dengan nasi hangat dan sambal terasi agar lebih nikmat.
8. Bakso
Siapa yang tidak suka bakso? Makanan dengan kuah bening yang nikmat ini bisa jadi pilihan menu makan siang yang cocok bagi Anda. Anda bisa memilih untuk membeli langsung bakso di tempat langganan atau ingin membuatnya sendiri.
9. Nasi Padang
Menu makan siang yang satu ini memang terkesan wah dan berat. Tapi berani jamin, perpaduan nasi hangat dengan gurihnya kuah santan, legitnya rendang atau lezatnya ayam pop dan sambal hijau pasti akan menambah selera makan siang Anda.
ADVERTISEMENT
10. Nasi Campur
Pilihan nasi campur juga menjadi favorit untuk menu makan siang, karena banyaknya jenis lauk yang bisa dipilih. Jangan lupa untuk menambahkan sambal bajak juga kerupuk!
Demikian tadi beberapa pilihan menu makan siang. Bagaimana? Adakah menu favorit Anda di daftar tadi? (DNR)
sosmed-whatsapp-whitesosmed-facebook-whitesosmed-twitter-whitesosmed-line-white