Konten dari Pengguna

Metode Standar yang Paling Sering Digunakan pada Aircraft Hardware

13 November 2023 21:53 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Update tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi metode standar yang paling sering digunakan pada aircraft hardware, Sumber: Pexels/Ahmed Muntasir
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi metode standar yang paling sering digunakan pada aircraft hardware, Sumber: Pexels/Ahmed Muntasir
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Metode standar yang paling sering digunakan pada aircraft hardware merupakan elemen kunci dalam industri penerbangan. Karena berhubungan dengan keamanan, keandalan, dan kinerja pesawat terbang merupakan prioritas utama dalam dunia penerbangan.
ADVERTISEMENT
Dalam lingkungan yang menghadapi tekanan tinggi dan kondisi ekstrem selama penerbangan, dipastikan bahwa metode standar ini memainkan peran penting dalam menjaga integritas struktural pesawat dan menjaga keamanan para penumpang.

Mengenal Metode Standar yang Paling Sering Digunakan pada Aircraft Hardware

Ilustrasi metode standar yang paling sering digunakan pada aircraft hardware, Sumber: Pexels/Pixabay
Mengutip dari buku DASAR-DASAR TEKNIK PESAWAT UDARA, Maruli Tua, Asep Gunawan, (2022), metode standar yang paling sering digunakan pada aircraft hardware yaitu AN (Air ForceNavy), NAS (National Aircraft Standard), dan MS (Military Standard).
Inilah penjelasan lengkap mengenai 3 metode standar tersebut.

1. AN (Air Force-Navy)

Metode standar AN (Air Force-Navy) adalah metode yang pertama kali diperkenalkan dalam pengembangan standar peralatan pesawat terbang. Metode ini memiliki akar yang dalam, muncul pada tahun 1940-an dan dikembangkan oleh Angkatan Amerika Serikat.
ADVERTISEMENT
AN mencakup beragam standar untuk komponen pesawat terbang, mulai dari baut dan mur hingga kabel dan perangkat elektronik. Meskipun telah berlalu beberapa dekade, AN tetap menjadi panduan utama, menegaskan kualitas dan keamanan peralatan penerbangan.

2. NAS (National Aircraft Standard)

Pada tahun 1960-an, metode standar NAS (National Aircraft Standard) diperkenalkan sebagai pengganti AN. NAS membawa standar yang lebih mutakhir dan canggih dibandingkan AN, sekaligus mencakup standar untuk peralatan pesawat terbang.
Langkah ini bertujuan untuk mengintegrasikan standar penerbangan militer dan sipil, menjaga kualitas serta keselamatan peralatan pesawat agar tetap terjamin.

3. MS (Military Standard)

Metode standar MS (Military Standard) dikembangkan oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat. MS menetapkan standar yang sering kali lebih ketat daripada standar lainnya, dengan fokus pada peralatan militer, termasuk peralatan pesawat terbang.
ADVERTISEMENT
Hal ini disebabkan oleh kebutuhan mendesak akan keamanan dan kinerja yang sangat tinggi dalam konteks militer. Standar MS menjadi landasan kokoh dalam memastikan keandalan dan keselamatan peralatan pesawat yang digunakan dalam operasi militer.
Itulah metode standar yang paling sering digunakan pada aircraft hardware untuk digunakan dalam konstruksi dan perbaikan pesawat. Setiap metode memiliki kelebihan dan kelemahan yang harus diperhitungkan dalam aplikasi yang berbeda. (RIZ)