News
·
12 Juli 2021 9:19
·
waktu baca 3 menit

Nama Nama Iblis yang Paling Terkenal di Dunia

Konten ini diproduksi oleh Berita Update
Nama Nama Iblis yang Paling Terkenal di Dunia (53538)
searchPerbesar
Nama Nama Iblis yang Paling Terkenal, Foto: Pixabay
Di dalam sains, iblis adalah interpretasi kejahatan yang dilakukan banyak orang di bumi. Namun, menurut agama dan budaya, iblis diyakini nyata adanya dan mampu berinteraksi dengan manusia. Nama nama iblis yang berbeda-beda pun pasti sudah sering kamu dengar, bukan?
ADVERTISEMENT

Nama Nama Iblis Paling Terkenal di Dunia

Inilah nama nama iblis paling terkenal di dunia yang sarat akan kejahatan dan maut:
1. Lucifer
Nama Nama Iblis yang Paling Terkenal di Dunia (53539)
searchPerbesar
Lucifer, Foto: Pixabay
Lucifer atau Satan digambarkan sebagai iblis dengan paras tampan dan gagah. Di dalam ajaran kekristenan, Lucifer adalah pimpinan tertinggi dari seluruh iblis. Namanya merujuk pada nama Bintang Fajar yang tertulis di Alkitab, karena nama Lucifer memang diambil dari bahasa Latin, yakni Lux alias Lucis yang berarti cahaya dan Ferre yang berarti pembawa.
Bagi para ilmuwan dan akademisi, kisah-kisah tentang Lucifer mengacu kepada seluruh tindakan jahat dan keburukan di dalam diri manusia. Kisahnya juga identik dengan hawa nafsu dan perlawanan manusia kepada Sang Pencipta.
2. Beelzebub
Nama Nama Iblis yang Paling Terkenal di Dunia (53540)
searchPerbesar
Beelzebub, Foto: Pixabay
Nama iblis kedua ini bahkan tercantum di dalam lirik lagu Bohemian Rhapsody ciptaan mendiang Freddie Mercury, sang vokalis Queen. Fixed terkenal banget, kan?
ADVERTISEMENT
Beberapa literatur kuno menggambarkan Beelzebub sebagai iblis keserakahan dan ketamakan. Di dalam demonologi (ilmu yang mempelajari tentang iblis), Beelzebub dianggap sebagai salah satu penguasa neraka dengan pengikut terbanyak, yang tentunya masih tidak mampu menandingi Lucifer.
Di dalam kepercayaan kuno lainnya, Beelzebub kerap kali digambarkan sebagai iblis yang pandai menyamar, meskipun terkadang penyamarannya sangat buruk. Ia bertugas untuk menjerumuskan manusia ke dalam keserakahan dan ketamakan lewat penyamarannya.
3. Mamon
Nama Nama Iblis yang Paling Terkenal di Dunia (53541)
searchPerbesar
Cinta Uang Foto: Pixabay
Mamon atau Mammon adalah iblis yang berkaitan dengan harta dan kekayaan duniawi. Di dalam Alkitab, kata Mamon tertulis di dalam kitab Matius. Sejarawan dan kalangan akademisi meyakini Mamon sebagai interpretasi dari orang-orang yang mencari kekayaan dengan cara-cara yang jahat, bahkan memprioritaskan uang di atas segalanya alias cinta uang.
ADVERTISEMENT
Selain di dalam lingkup agama, keberadaan Mamon juga dipercaya di dalam lingkup sekuler bangsa Eropa pada abad pertengahan, lho. Ya, Mamon bertugas untuk membuat manusia melakukan kejahatan demi uang.
4. Veela
Nama Nama Iblis yang Paling Terkenal di Dunia (53542)
searchPerbesar
Seperempat Veela, Foto: Wizarding World
Jika Lucifer digambarkan sebagai iblis yang tampan, maka dari wilaya Slavia, ada iblis super cantik yang bernama Veela. Selain sangat menggoda, ia juga mampu mengontrol badai yang acap kali digunakan untuk menyerang para pelancong.
Dengan kecantikan, rambut panjang, dan suara nan merdu, Veela mampu menunaikan tugasnya dengan meraup jumlah kematian yang tinggi. Ia sangat pandai membuat manusia, terutama para pria lupa tidur, makan, dan minum, sehingga meninggal dunia akibat kelaparan dan kelelahan.
Kisah veela ini turut meramaikan dunia sihir Harry Potter. Seorang gadis cantik dengan darah veela bernama Fleur Delacour sanggup "menghipnotis" para pria di sekitarnya sejak pertama kali bertemu. Namun, ia hanyalah seperempat veela, sehingga tidak jahat. Ia bahkan turut serta di dalam perang melawan pasukan Voldemort.
ADVERTISEMENT
5. Nyi Roro Kidul
Nama Nama Iblis yang Paling Terkenal di Dunia (53543)
searchPerbesar
Nyi Roro Kidul, Foto: Pixabay
Tentunya tidak lengkap jika tidak membahas iblis asal Tanah Air, bukan? Nyi Roro Kidul diyakini sebagai ratu penguasa pantai selatan dan digambarkan sebagai sosok wanita cantik berambut panjang yang identik dengan warna hijau kebiruan. Konon, iblis yang satu ini bertanggung jawab atas deretan kematian manusia di laut selatan.
Dilansir dari buku Nyai Roro Kidul dan Mitos, TEMPO Publishing, (2020:13-17), Nyi Roro Kidul pernah menampakan diri kepada salah satu pegawai Hotel Samudera Beach, dengan syarat tidur di kamar 308 dan pantang bersetubuh dengan istri selama 49 hari. Sempat muncul beberapa detik, penguasa pantai selatan itu langsung menghilang ketika beberapa orang lain datang untuk menyaksikannya.
Pegawai hotel tersebut mengaku melihat sosok Nyi Roro Kidul yang memakai busana dari bahan satin berwarna biru dan selendang biru, memiliki tinggi badan sekitar 150 cm, dan berusia sekitar 29-30 tahun. Ia mengatakan bahwa perawakan Nyi Roro Kidul yang dilihatnya itu hampir sama dengan yang ada di lukisan Nyi Roro Kidul karya Basoeki Abdullah yang terpajang di kamar tersebut.
ADVERTISEMENT
Itulah nama nama iblis yang paling terkenal di dunia. Menyeramkan, bukan? Maka dari itu, ari dekatkan diri kepada Sang Pencipta dan hindari perbuatan jahat.(BRP)