News
·
24 Februari 2021 20:29

Nilai Pancasila dan Penerapannya dalam Kehidupan

Konten ini diproduksi oleh Berita Update
Nilai Pancasila dan Penerapannya dalam Kehidupan (54585)
Foto: Kumparan
Nilai Pancasila adalah dasar dari bangsa Indonesia, sebab itu, sebagai warga negara, hendaknya kita menerapkan nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari, karena Pancasila adalah dasar fundamental dan sumber segala peraturan dari bangsa Indonesia.
ADVERTISEMENT

Penerapan nilai Pancasila dalam kehidupan

Kedudukan Pancasila sebagai dasar negara, dapat ditemukan landasan konstitusionalnya di dalam alinea IV Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 (UUD Tahun 1945), yang menyatakan bahwa
"......maka disusunlah kemerdekaan kebangsaan Indonesia itu dalam suatu Undang-Undang Dasar negara Indonesia, yang terbentuk dalam suatu susunan negara Republik Indonesia yang berkedaulatan rakyat dengan berdasar kepada : Ketuhanan Yang Maha Esa, Kemanusiaan yang adil dan beradab, Persatuan Indonesia, dan Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan, serta dengan mewujudkan Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia".
Dalam kehidupan sehari-hari, kita bisa menerapkan nila Pancasila dalam perbuatan berikut ini:
Penerapan nilai Pancasila sila pertama dapat dilakukan dengan cara mengembangkan sikap hormat menghormati, membina kerukunan hidup antar umat beragama, tidak memaksakan suatu agama atau kepercayaan terhadap Tuhan ke orang lain.
Penerapan nilai sila kedua, Kemanusiaan yang Adil dan Beradab adalah nilai hormat kepada orang lain, walau beda keyakinannya, menerapkan rasa toleransi antar sesama, saling menghormati dan menghargai, dan selalu bersikap adil kepada semua orang.
Nilai sila Persatuan Indonesia dapat diterapkan dengan cara membangun kerukunan hidup gotong royong dan suka bekerja sama di atas segala perbedaan yang membuat bangsa kita begitu kaya.
ADVERTISEMENT
Nilai-nilai sila Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan, dapat kita terapkan di lingkungan masyarakat dengan cara saling memuliakan dan menghargai manusia, tidak saling menghina apalagi melukai, serta jujur pada saat pemilu.
Nilai-nilai sila kelima yaitu tentang Keadilan, setiap manusia wajib bertindak, bersikap secara adil, karena keadilan sosial dapat tercapai apabila tiap individu bertindak dan mengembangkan sikap adil terhadap sesama. Penerapan nilai sila kelima ini dapat dilakukan dengan cara mengedepankan sikap adil terhadap masyarakat keseluruhan, serta taat kepada masyarakat atau negara sesuai dengan hukum untuk mewujudkan kesejahteraan bersama.
Demikian, semoga bermanfaat. (Adelliarosa)