News
·
19 Januari 2021 17:44

Organisasi Pergerakan Nasional yang Jadi Pelopor Kemerdekaan Indonesia

Konten ini diproduksi oleh Berita Update
Organisasi Pergerakan Nasional yang Jadi Pelopor Kemerdekaan Indonesia (92763)
Ilustrasi organisasi pergerakan nasional Budi Utomo. Sumber: Kumparan
Adanya organisasi pergerakan nasional yang menentang kebijakan pemerintah Belanda merupakan salah satu aspek yang dapat membawa kemerdekaan bagi bangsa Indonesia. Bedasarkan sumber sejarah, berbagai aksi pergerakan nasional ini sendiri mulai bermunculan sekitar tahun 1908-1945.
ADVERTISEMENT
Munculnya berbagai organisasi pergerakan nasional ini sendiri disebabkan oleh beberapa faktor baik yang bersifat internal seperti adanya nasib serta tekanan besar yang sama-sama diderita rakyat Indonesia akibat jajahan kolonial Belanda yang membuat rakyat memiliki kesadaran untuk menuntut, ataupun yang berasal dari eksternal seperti pergerakan nasional yang sudah dilakukan terlebih dulu oleh negara lain.
Berdasarkan kutipan dalam buku Sejarah Pergerakan Nasional Indonesia, terdapat beberapa organisasi pergerakan nasional yang menjadi pelopor terciptanya perjuangan bangsa Indonesia untuk mendapatkan kedaulatan dan kemerdekaan atas tanah air. Adapun yang pertama mengawalinya ialah organisasi Budi Utomo.

Budi Utomo Sebagai Pelopor Lahirnya Organisasi Pergerakan Nasional

Budi Utomo disebut sebagai organisasi pergerakan nasional pertama yang didirikan oleh dr. Soetomo pada 20 Mei 1908. Organisasi ini sendiri memiliki anggota yang terdiri dari mahasiswa STOVIA.
ADVERTISEMENT
Pada awalnya, organisasi ini sendiri dipekenalkan oleh dr. Wahidin Soedirohoesodo yang mengusung tujuan pada sosialisasi pendidikan di daratan Jawa. Namun setelahnya dr. Wahidin bertemu dengar dr. Soetomo yang kemudian menjadi ketua umum organisasi Budi Utomo.
Menurut beberapa kutipan informasi, nama organisasi Budi Utomo berasal dari bahasa Sansekerta yakni budhi yang memiliki arti keterbukaan dalam hal pikiran, kesadaran dan akal. Tujuan terbentuknya organisasi ini sendiri ialah untuk memberi kesadaran pada masyarakat Indonesia khususnya pada daerah Jawa, Sunda dan Madura atas kedudukannya sendiri di tanah air. Selain itu, hal yang menjadi fokus organisasi Budi Utomo iala untuk memajukan pendidikan, pengajaran dan kebudayaan serta menjamin kehidupan masyarakat sebagai bangsa yang terhormat.
Organisasi Budi Utomo sendiri dianggap sebagai pelopor organisasi pergerakan nasioanl bagi lahirnya semangat kebangkitan para rakyat Indonesia. Bahkan hari pendirian organisasi Budi Utomo juga telah ditetapkan sebagai Hari Kebangkitan Nasional. (HAI)
ADVERTISEMENT