Food & Travel
·
19 Februari 2021 21:52

Pakaian Adat Jawa Tengah dan Ciri Khas Jawa Tengah

Konten ini diproduksi oleh Berita Update
Pakaian Adat Jawa Tengah dan Ciri Khas Jawa Tengah (124609)
Jawa Tengah Foto: dok. Pixabay
Jawa Tengah yang merupakan provinsi di Jawa yang terletak di tengah-tengah pulau Jawa. provinsi yang memiliki ibu kota Semarang tersebut juga memiliki pakaian adat Jawa Tengah. Provinsi ini juga memiliki sederet keunikan dan ciri khas lainnya yang dapat Anda ketahui dalam ulasan berikut ini.
ADVERTISEMENT

Pakaian Adat Jawa Tengah Serta Keunikan dan Kebudayaan Jawa Tengah

Jawa tengah yang merupakan salah satu provinsi yang memiliki lima gunung berapi aktif ini juga memiliki kebudayaan yang cukup kental. Kebudayaan dalam Jawa Tengah ini menjadi ciri khas bagi Jawa Tengah yang juga menjadi identitas dan pembeda antara Jawa Tengah dengan provinsi lainnya. Salah satu ciri khasnya adalah pakaian adat yang menjadi ciri khas Jawa Tengah.
Dalam buku yang berjudul Mengenal Rumah Adat, Pakaian Adat, Tarian Adat, Dan Senjata Tradisional (2009:28) pakaian adat Jawa Tengah terbagi menjadi dua yaitu untuk wanita dan untuk pria. Pakaian adat wanita memakai sanggul yang diisi daun pandan wangi dan disebut bokor mangkureb.
Pakaian adat Jawa Tengah untuk wanita ini digunakan saat menikah. Dan bagian sanggul ini diberi untaian bunga melati. Untuk bajunya berupa kebaya anggun yang disertai kain batik yang bercorak sama dengan pakaian adat Jawa Tengah untuk pria. Perhiasan yang digunakan antara lain cincin, gelang, subang dan kalung. Baik wanita atau pria, keduanya menggunakan selop sebagai alas kaki
ADVERTISEMENT
Sedangkan pakaian adat Jawa Tengah untuk pria menggunakan jas sikepan. Bawahannya menggunakan kain batik dengan motif parang rusak. Tak hanya itu, pakaiannya juga dilengkapi dengan penutup kepala bernama kuluk. Tak lupa juga untuk menyelipkan sebilah keris yang diselipkan di pinggang. Pakaian adat Jawa Tengah pria ini juga digunakan pula saat pernikahan yang dijadikan sebagai pasangan pakaian adat Jawa Tengah wanita.
Selain pakaian adat Jawa Tengah senjata tradisional Jawa Tengah juga cukup terkenal. Senjata tradisional Jawa Tengah tersebut adalah keris. Keris dapat menunjukan kedudukan sosial seseorang di masyarakat. Keris termasuk barang pusaka yang dikeramatkan. Umumnya senjata ini diukur pada bagian gagang dan sarungnya. Senjata lain yang terkenal adalah pedang, perisai dan tombak.
ADVERTISEMENT
Itu dia sederet ciri khas Jawa Tengah yang menjadi identitas yang perlu diketahui masyarakat luas. Pengetahuan tentang pakaian adat Jawa Tengah dan senjata tradisional Jawa Tengah tersebut dapat menambah pengetahuan Anda tentang Jawa Tengah. Semoga bermanfaat! (DA)