Tekno & Sains
·
14 Januari 2021 17:07

Paragraf Deduktif dan Induktif, Apa Saja Perbedaannya?

Konten ini diproduksi oleh Berita Update
Paragraf Deduktif dan Induktif, Apa Saja Perbedaannya? (132708)
Ilustrasi Paragraf Deduktif dan Induktif, Foto: Dok. freepik.com
Paragraf deduktif dan paragraf induktif merupakan bagian dari jenis-jenis paragraf, yang sering dipelajari dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia. Namun sebelum mengetahui lebih jauh perbeaan antara paragraf deduktif dan induktif, alangkah baiknya jika mengetahui terlebih dahulu apa itu paragraf.
ADVERTISEMENT
Paragraf dapat diartikan sebagai seperangkat kalimat yang saling berhubungan, yang secara bersama dipakai untuk menyatakan atau mengembangkan gagasan. Setiap paragraf terdiri dari dua unsur, yakni gagasan utama dan gagasan pendukung.
Sering disebut juga sebagai gagasan pokok, gagasan utama adalah inti atau pokok dari sebuah pembahasan yang ada di dalam sebuah paragraf. Bisa dibilang juga bahwa gagasan pokok adalah kalimat yang menjadi dasar dalam sebuah paragraf.
Sedangkan gagasan pendukung adalah kalimat yang menjadi penjelas dari gagasan utama. Biasanya gagasan pendukung terdiri dari beberapa kalimat, yang disebut sebagai kalimat pendukung.

Perbedaan Paragraf Deduktif dan Induktif

Karena sudah paham apa itu paragraf, sekarang saatnya membahas mengenai paragraf deduktif dan induktif beserta perbedaannya.
ADVERTISEMENT
Paragraf deduktif merupakan jenis paragraf yang bermula dengan penjabaran mengenai hal-hal umum, lalu menjurus ke hal khusus. Sebaliknya, paragraf induktif adalah jenis paragraf yang diawali dengan kalimat-kalimat penjelas, lalu menjurus kepada hal umum di kalimat akhir paragraf.
Dari penjelasan ini, dapat disimpulkan bahwa dalam paragraf deduktif gagasan utama berada di awal kalimat. Sedangkan gagasan utama di dalam paragraf induktif berada di akhir kalimat.
Perbedaan lainnya antara paragraf deduktif dan induktif terletak pada polanya. Untuk paragraf deduktif, polanya adalah umum – khusus – khusus – khusus. Sedangkan pola untuk paragraf induktif adalah khusus – khusus – khusus – umum.
Satu lagi perbedaan ciri-cirinya adalah untuk paragraf deduktif, kalimat utama diperinci dengan kalimat penjelas. Adapun untuk paragraf induktif, kalimat penjelas yang berada di awal kalimat kemudian digeneralisasikan atau disimpulkan berdasarkan penjelasan khusus di akhir paragraf.
ADVERTISEMENT
Itu dia sejumlah perbedaan antara paragraf deduktif dan paragraf induktif. Semoga artikel ini bermanfaat, dan selamat belajar!
(RYFA)