Tekno & Sains
·
14 Januari 2021 20:46

Pembelahan Meiosis pada Pembentukan Gamet

Konten ini diproduksi oleh Berita Update
Pembelahan Meiosis pada Pembentukan Gamet (404321)
Meiosis pada Pada Pembentukan Gamet. Sumber: Sites.google.com
Pembelahan meiosis merupakan salah satu jenis pembelahan sel yang terjadi pada makhluk hidup. Pembelahan sel tersebut berguna untuk membentuk jaringan hingga organ-organ pada tubuh makhluk hidup. Selain itu, pembelahan sel juga berfungsi untuk menggantikan sel-sel yang telah mati atau rusak.
ADVERTISEMENT
Ada beragam jenis pembelahan sel. Ada amitosis, yakni pembelahan yang terjadi pada organisme uniseluler seperti bakteri dan sianobakteri. Ada mitosis, yakni pembelahan pada sel-sel tubuh makhluk hidup yang disebut sel somatik seperti sel kulit, sel darah, dan sel otot. Terakhir, ada meiosis yang merupakan pembelahan sel induk yang menghasilkan sel anak.

Pembelahan Meiosis pada Pembentukan Gamet Jantan

Meiosis pada pembentukan gamet jantan hewan disebut dengan spermatogenesis. Sel induk sperma (spermatogonium) membesar menjadi spermatosit primer pada meiosis I. Kemudian, menjadi spermatosit sekunder pada meiosis II yang menghasilkan 4 spermatid. Hasil akhir dari proses pembelahan meiosis ini adalah terbentuknya spermatozoa.

Pembelahan Meiosis pada Pembentukan Gamet Betina

Tahap ini biasa disebut dengan oogenesis. Oogenesis diawali dengan sel induk telur (oogonium) yang membesar dan membentuk oosit primer. Kemudian, oosit primer tersebut mengalami meiosis I dan membentuk oosit sekunder serta badan kutub. Pada oosit sekunder mengalami meiosis II dengan membelah menjadi ovum dan badan kutub. Hasil akhir pembelahan ini adalah adanya 1 sel ovum fungsional dan 3 badan kutub.
ADVERTISEMENT
Video
Jika perlu, Anda bisa klik beberapa judul artikel di bawah ini untuk melengkapi pengetahuan tentang pembelahan sel. Semoga informasi ini dapat membuat belajar biologi menjadi lebih mudah, ya! (AG)

sosmed-whatsapp-whitesosmed-facebook-whitesosmed-twitter-whitesosmed-line-white