Bola & Sports
·
15 Februari 2021 19:22

Pencak Silat dan Hal yang Perlu Diketahui tentang Pencak Silat

Konten ini diproduksi oleh Berita Update
Pencak Silat dan Hal yang Perlu Diketahui tentang Pencak Silat (140868)
Seni Bela Diri. Foto: dok Unsplash
Pencak silat adalah salah satu cabang olahraga yang sudah mulai diperkenalkan sejak duduk di sekolah dasar. Hal ini membuat olahraga pencak silat sudah tak asing didengar bagi kebanyakan warga Indonesia. Selain itu, pencak silat juga merupakan salah satu olahraga yang juga memiliki banyak peminat di Indonesia.
ADVERTISEMENT

Pengertian Pencak Silat dan Fakta Menarik Tentang Pencak Silat

Pencak silat merupakan salah satu cabang olahraga seni bela diri yang dilakukan dengan gerakan pukulan dan juga tendangan. Pencak silat sebagai salah satu seni bela diri juga banyak dipelajari oleh masyarakat Indonesia sebagai cara untuk membela diri dari serangan yang dapat membahayakan diri.
Pencak silat juga sangat terkenal dengan berbagai macam nama di berbagai daerah di Indonesia. Misalnya saja di Jawa Tengah, terdapat pencak silat dengan aliran bernama Merpati Putih. Tak hanya di Jawa Tengah, masih banyak lagi daerah di Indonesia yang juga terkenal dengan aliran pencak silat yang juga dipelajari oleh warga daerahnya.
Tak hanya itu, rupanya pencak silat juga termasuk ke dalam Warisan Budaya Tak Benda Dunia atau Intangible Cultural World Heritage. Seperti yang dilansir oleh Kementerian Luar Negeri pada 13 Desember 2019, penobatan ini ditetapkan oleh UNESCO pada tanggal 13 Desember 2019.
ADVERTISEMENT
Seni bela diri ini juga termasuk ke dalam cabang olahraga yang ditandingkan dalam pertandingan tingkat nasional yaitu PON atau Pekan Olahraga Nasional. Bahkan pencak silat juga ditandingkan dalam pertandingan internasional yaitu SEA Games atau Pesta Olahraga Asia Tenggara.
Dalam buku Martial Arts of the World: An Encyclopedia of History and Innovation, Thomas A Green (2010: 324) seni bela diri pencak silat ini dikenal secara luas di Indonesia, Malaysia, Brunei, dan Singapura, Filipina Selatan, dan Thailand Selatan.
Di Indonesia sendiri, pencak silat memiliki induk organisasi yaitu bernama IPSI yang merupakan singkatan dari Ikatan Pencak Silat Indonesia. Sedangkan dalam ruang lingkup internasional, organisasi yang mewadahinya adalah Persilat atau Persekutuan Pencak Silat. Organisasi ini dibentuk oleh Indonesia, Singapura, Malaysia dan Brunei Darussalam.
ADVERTISEMENT
Demikian penjelasan mengenai pencak silat yang perlu Anda ketahui. Informasi mengenai pencak silat ini dapat Anda jadikan sebagai wawasan baru, khususnya dalam pengetahuan di bidang olahraga. (DA)