Penemu Mobil Pertama di Dunia dan Sejarahnya

Konten dari Pengguna
14 September 2023 17:39 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Update tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Siapa penemu mobil pertama di dunia, sumber: unsplash/Campbell
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Siapa penemu mobil pertama di dunia, sumber: unsplash/Campbell
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Siapa penemu mobil pertama di dunia? Meskipun pengguna mobil semakin banyak, tetapi tidak semua orang mengetahui tentang penemu kendaraan tersebut. Padahal mobil semakin mengalami perkembangan yang sangat pesat dari waktu ke waktu.
ADVERTISEMENT
Tanpa adanya penemuan mobil untuk yang pertama kalinya, belum tentu manusia bisa berkendara dengan nyaman seperti sekarang. Memahami sejarah penemuan mobil sangat penting untuk menambah khasanah wawasan umum masyarakat.

Sejarah Penemu Mobil Pertama di Dunia

Ilustrasi Siapa penemu mobil pertama di dunia, sumber: unsplash/JessicaFurtney
Mengutip buku Ensiklopedi Sang Penemu, Delik Iskandar (2020: 5), penemu mobil pertama di dunia adalah Nicolas J Cugnot pada tahun 1769. Ilmuwan Perancis tersebut menciptakan kendaraan roda 3 berukuran besar untuk mengangkut meriam dan membantu proses peperangan.
Hal ini bermula dari kebutuhan militer, sehingga kendaraan tersebut juga diciptakan oleh ilmuwan lainnya. Gagasan yang diciptakan Nicolas memang cukup menarik, meskipun masih ada banyak kekurangan dalam realisasinya.
Inspirasi Nicolas dalam menciptakan mobil berasal dari kereta kuda yang mempunyai ban. Para ilmuwan yang mengetahui gagasan tersebut akhirnya turut mengembangkannya. Salah satunya James Watt. Tahun 1784, ilmuwan ini menciptakan mobil yang masih memakai tenaga uap.
ADVERTISEMENT
Selanjutnya, mobil bertenaga uap mulai mengalami inovasi pada pertengahan abad ke-19. lalu pada tahun 1860, Joseph E. Lenoir menciptakan kendaraan menggunakan bahan bakar campuran, yakni batu bara, gas, dan udara.

Mobil Berbahan Bakar Bensin di Era Kontemporer

Ilustrasi Siapa penemu mobil pertama di dunia, sumber: unsplash/Purbaleunyi
Masa kejayaan mobil bertenaga uap berakhir aat Karl Benz menciptakan mobil bertenaga bensin pada 1886. Inspirasi tersebut berasal dari pengalamannya yang sering mengendarai sepeda gayung saat bepergian.
Sebagai penemu mobil berbahan bakar bensin yang pertama, Karl juga pernah merasakan kegagalan hingga berulang kali. Hingga pada tahun 1879, Karl berhasil menuntaskan penemuannya dan mematenkannya.
Hal ini disusun dengan George B Selden yang turut berhasil menciptakan mobil bermesin dua stroke pada 1895. Meskipun demikian, mobil yang paling populer di pasaran tetap yang berbahan bakar bensin.
ADVERTISEMENT
Pada Januari 1907, Ferdinand Porsche menciptakan Lohner Porsche Mixte Hybrid. Mobil ini diproduksi dengan skala yang lebih besar dengan harga terjangkau oleh Oldsmobile. Pada tahun 1910, Henry Ford berhasil mengembangkan berbagai mobil dari Eropa.
Jadi, dapat disimpulkan bahwa penemu mobil pertama di dunia adalah Nicolas J Cugnot. Namun, ilmuwan yang berhasil mengembangkan mobil berbahan bakar mesin dan mematenkannya adalah Karl Benz. (DLA)