Food & Travel
·
8 Juni 2021 17:27
·
waktu baca 2 menit

Pengaruh Letak Geografis Indonesia Terhadap Persebaran Iklim Indonesia

Konten ini diproduksi oleh Berita Update
Pengaruh Letak Geografis Indonesia Terhadap Persebaran Iklim Indonesia (28364)
Indonesia dengan Iklim Tropis. Foto: dok. https://pixabay.com/
Indonesia terkenal sebagai negara yang memiliki kekayaan alam yang melimpah karena letak geografisnya. Letak geografis Indonesia ini rupanya memiliki pengaruh tersendiri bagi Indonesia khususnya dalam persebaran iklim yang dimiliki Indonesia. Apa saja pengaruh letak geografis Indonesia? Mari kita temukan jawabannya dalam ulasan berikut ini.
ADVERTISEMENT

Pengaruh Letak Geografis Indonesia Terhadap Iklim Indonesia

Seperti yang kita ketahui bahwa Indonesia merupakan negara yang memiliki iklim tropis. Iklim tropis yang dimiliki Indonesia ini rupanya menjadi salah satu bentuk pengaruh letak geografis Indonesia yang terletak di posisi yang cukup strategis. Apa itu letak geografis?
Dalam buku Intisari Pengetahuan Sosial Lengkap (IPSL) SMP yang disusun oleh Eryadi, S.Pd (2007:76) dijelaskan bahwa letak geografis adalah letak suatu negara atau daerah dilihat dari kenyataan di bumi, atau posisi suatu negara atau daerah pada bola bumi. Dalam buku ini juga dijelaskan bahwa secara geografis Indonesia terletak di antara dua samudra, dua benua, serta dua rangkaian pegunungan sirkum Pasifik dan sirkum Mediterania.
Pengaruh Letak Geografis Indonesia Terhadap Persebaran Iklim Indonesia (28365)
Indonesia dengan Iklim Tropis. Foto: dok. https://pixabay.com/
Karena letak geografis ini lah Indonesia menjadi negara yang memiliki iklim tropis, di mana perubahan iklimnya dipengaruhi oleh angin musim yang menyebabkan dua musim di Indonesia, yaitu musim hujan dan musim kemarau.
ADVERTISEMENT
Masing-masing musim yang dimiliki Indonesia ini memiliki waktu tertentu datangnya musim tersebut. Dari bulan November hingga Maret, angin bertiup dari arah Barat Laut. Angin ini membawa banyak uap air dan hujan di kawasan Indonesia sehingga menyebabkan Indonesia mengalami musim hujan.
Sedangkan dari bulan Mei hingga Oktober angin bertiup dari Tenggara. Angin ini bersifat kering dan membawa sedikit uap air sehingga menyebabkan Indonesia mengalami musim kemarau. Namun begitu, dengan adanya letak geografis Indonesia ini juga menyebabkan Indonesia menjadi negara yang menerima sinar matahari sepanjang tahun sebab Indonesia memiliki iklim tropis.
Pengaruh letak geografis Indonesia ini tak hanya dapat kita lihat dari adanya persebaran iklim di Indonesia, namun juga pada keuntungan jalur perdagangan serta masih banyak lagi pengaruh lainnya yang bermanfaat bagi Indonesia dari letak geografis Indonesia ini sendiri.
ADVERTISEMENT
Dengan memahami bagaimana letak geografis Indonesia ini, kita dapat memaksimalkan potensi yang dimiliki Indonesia agar Indonesia menjadi negara maju suatu hari nanti. Semoga bermanfaat. (DAP)