Pengenalan Antarmuka Pengguna: Pengertian dan Fungsi dalam Informatika

Konten dari Pengguna
13 September 2023 17:46 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Update tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Pengenalan Antarmuka Pengguna - Sumber: pixabay.com/startupstockphotos
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Pengenalan Antarmuka Pengguna - Sumber: pixabay.com/startupstockphotos
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Pengenalan antarmuka pengguna dikenal juga dengan istilah user interface dalam bahasa Inggris. Pengertian antarmuka pengguna adalah jembatan yang memudahkan pengguna untuk berinteraksi dengan perangkat lunak, perangkat keras, dan aplikasi.
ADVERTISEMENT
Memahami antarmuka pengguna membantu pengguna memaksimalkan penggunaan perangkat lunak dan perangkat keras. Dengan pengetahuan tentang cara berinteraksi dengan UI, pengguna dapat melakukan tugas-tugas secara cepat dan efisien.

Pengertian Pangenalan Antarmuka Pengguna (User Interface)

Ilustrasi Pengenalan Antarmuka Pengguna - Sumber: pixabay.com/startupstockphotos
Pengertian pengenalan antarmuka pengguna adalah proses atau langkah awal dalam berinteraksi dengan suatu sistem komputer. Termasuk juga dengan perangkat elektronik lainnya.
Ini adalah tahap saat pengguna memperoleh pemahaman tentang cara menggunakan perangkat tersebut. Mulai dari menavigasi melalui layar hingga berinteraksi dengan berbagai elemen antarmuka, seperti tombol, ikon, menu, atau layar sentuh.
Tujuan dari pengenalan antarmuka pengguna adalah untuk mempermudah pengguna dalam berkomunikasi dengan perangkat atau software tersebut. Komunikasi dapat dilakukan dengan lebih efisien, intuitif, dan efektif.
ADVERTISEMENT

Fungsi Pengenalan Antarmuka Pengguna

Ilustrasi Pengenalan Antarmuka Pengguna - Sumber: pixabay.com/fancycrave1
Berdasarkan buku Object Modeling and User Interface Design, Mark van Hamelen, (2001), pengenalan antarmuka pengguna memiliki beberapa fungsi penting, di antaranya:
ADVERTISEMENT
User interface (UI) yang baik dapat berfungsi untuk meningkatkan produktivitas. Dapat juga mengurangi kesalahan pengguna dan meningkatkan pengalaman pengguna.
Itu tadi penjelasan tentang pengenalan Antarmuka Pengguna dalam ilmu Informatika. Memahaminya dengan baik dapat membantu pengguna merasa lebih nyaman dan terampil dalam menggunakan perangkat dan aplikasi. (DNR)