Pengertian Anonymous Message yang Sedang Viral di Instagram

Konten dari Pengguna
28 Juni 2022 18:51 WIB
·
waktu baca 4 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Update tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi mengetik anyonymous message. Foto: Unsplash
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi mengetik anyonymous message. Foto: Unsplash
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Apa itu anonymous message yang sedang viral dan diramaikan oleh para pengguna Instagram? Belakangan memang sedang ada tren baru, yaitu send me anonymous message di Instagram story.
ADVERTISEMENT
Send me anonymous message merupakan tren di Instagram berisi tautan yang dapat diisi dengan pesan apa pun. Secara umum, arti dari send me anonymous message adalah "mengirim pesan secara anonim". Apa itu pesan anonim?

Pengertian Anonymous

Sebelum membahas mengenai apa itu send me anonymous message yang ada di Instgaram, perlu diketahui terlebih dahulu anonymous artinya apa dalam bahasa Indonesia.
Anonymous adalah kata dalam bahasa Inggris yang jika diterjemahkan memiliki beberapa arti. Menurut Kamus Bahasa Inggris-Bahasa Indonesia, arti kata anonymous adalah anonim. Kata ini juga dapat diartikan dalam beberapa istilah lainnya, meliputi:
Jadi, anonymous adalah kata untuk menyebut sesuatu yang anonim, tanpa identitas, atau tanpa nama. Sementara itu, anonymous message adalah istilah dalam bahasa Inggris untuk menyebut "pesan anonim".
ADVERTISEMENT
Dalam pengertian yang lebih luas, pesan anonim merupakan pesan tanpa nama yang biasanya dikirimkan oleh seseorang atau pihak lain yang tidak ingin penerima pesan mengetahui identitasnya. Jadi, orang yang menerima pesan anonim tidak akan mengenali identitas si pengirim pesan.

Pengertian Anonymous Message yang Sedang Viral di Instagram

Ilustrasi mengirim pesan anonymous. Foto: Unsplash
Instagram menjadi salah satu media sosial yang paling banyak digunakan di seluruh dunia. Cara pakai Instagram juga sangat sederhana dan praktis, sehingga mudah dipakai oleh berbagai kalangan.
Dikutip dari Instagram untuk Fotografi Digital dan Bisnis Kreatif oleh Jubilee Enterprise (2014), aplikasi ini bersifat gratis dan mempunyai banyak fungsi sekaligus, seperti memotret, mengubah foto biasa menjadi pro, berbagi foto dengan orang lain, dan mencari jaringan pertemanan dengan jutaan orang sesama penggemar Instagram dari seluruh dunia.
ADVERTISEMENT
Sebagai media sosial yang populer, Instagram sering kali membuat tren yang mencuri perhatian pengguna internet. Salah satu tren yang belakangan viral adalah send me anonymous message.
Send me anonymous message merupakan tren baru di Instagram berisi tautan yang dapat diisi dengan pesan apa pun. Menariknya, ketika pengguna mengirim pesan ke orang lain yang membagikan send me anonymous message, nama pengguna tidak akan terlihat.
Anonymous message ini berhubungan dengan pesan yang bisa dikirimkan ke direct message (DM) masing-masing pengguna Instagram.
Secara bahasa, send me anonymous message memiliki arti "kirimi saya pesan anonim". Pesan anonim adalah pesan tanpa nama pengirim. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, pesan ini dikirimkan oleh seseorang yang tidak ingin penerima pesan mengetahui identitasnya.
ADVERTISEMENT
Jadi, dalam konteks Instagram yang sedang tren saat ini, pesan anonim ini bisa pengguna kirim ke sesama pengguna lain yang membuat Instagram story dengan "NGL Link Send Me Anonymous Message".
NGL adalah singkatan dari Not Gonna Lie atau "tidak akan berbohong". NGL Link merupakan aplikasi yang dirilis pada 2021 dan tersedia untuk pengguna iOS maupun Android.
Dalam praktiknya, pemilik akun Instagram akan bisa berinteraksi dengan pengikutnya dengan membuat tautan NGL Link Anonymous. Setelah membuat tautan NGL Link di Instagram story, pemilik akun bisa melihat pesan-pesan yang masuk ke dalam DM mereka.
NGL Link tidak akan menampilkan nama pengirim pesan. Dengan demikian, pemilik akun hanya bisa membaca pesan tanpa tahu siapa yang menulisnya.
ADVERTISEMENT
Dilihat sepintas, aplikasi ini mirip dengan Ask.fm yang sempat booming beberapa tahun lalu. Namun, ada perbedaan, di mana NGL Link dapat menyaring konten yang terkait dengan ujaran kebencian, serta menawarkan opsi untuk melaporkan dan memblokir pengguna. Sementara Ask.fm tidak memiliki fitur moderasi konten sehingga pengirim pesan bisa mengirimkan ujaran kebencian dan konten berbahaya lainnya.
Ilustrasi bermain Instagram. Foto: Unsplash

Cara Menggunakan Anonymous Message

Dikutip dari berbagai sumber, NGL Link Anonymous ternyata bukan fitur asli bawaan dari Instagram. Jadi, bagi yang mau membuat anonymous message Instagram story harus menggunakan aplikasi tertentu. Adapun langkah-langkahnya sebagai berikut.
ADVERTISEMENT
Demikian penjelasan singkat mengenai apa itu anonymous message yang sedang viral di Instagram. Semoga bermanfaat.
(DNR & SFR)