Tekno & Sains
·
21 Juli 2021 14:40
·
waktu baca 2 menit

Pengertian Cara Perkembangbiakan Tumbuhan Geragih dan Contohnya

Konten ini diproduksi oleh Berita Update
Pengertian Cara Perkembangbiakan Tumbuhan Geragih dan Contohnya (30162)
searchPerbesar
Ilustrasi Geragih. (Foto: https://pixabay.com/id/)
Reproduksi pada tumbuhan dapat terjadi secara generatif maupun vegetatif. Pada reproduksi vegetatif, proses perkembangbiakan terjadi tanpa adanya pembuahan sel kelamin betina oleh sel kelamin jantan. Perkembangbiakan vegetatif hanya melibatkan satu induk saja dan dapat terjadi menggunakan bagian dari tubuh induk, seperti akar, batang, atau daunnya.
ADVERTISEMENT
Salah satu cara reproduksi vegetatif yang menarik untuk dibahas adalah geragih (stolon). Artikel kali ini akan membahas pengertian cara perkembangbiakan geragih dan juga contoh tumbuhannya.

Cara Perkembangbiakan Tumbuhan Geragih

Pengertian Cara Perkembangbiakan Tumbuhan Geragih dan Contohnya (30163)
searchPerbesar
Ilustrasi Geragih. (Foto: https://pixabay.com/id/)
Dikutip dari buku IPA Terpadu SMP dan MTs untuk Kelas IX Semester 1 yang ditulis oleh Mikrajuddin, dkk (2007: 44), pengertian geragih adalah batang yang tumbuh mendatar di atas permukaan tanah. Geragih memiliki buku-buku yang akan membentuk tunas dan akar apabila menyentuh tanah.
Tumbuhan baru yang akan terbentuk tetap berhubungan dengan induknya, tetapi tidak bergantung dengan induknya. Tumbuhan baru menyerap zat hara dan melakukan fotosintesis sendiri tanpa bergantung dengan induknya, sehingga tetap hidup walaupun tumbuhan baru dipisahkan dengan tumbuhan induk. Contoh tumbuhan yang berkembang biak dengan geragih adalah arbei, pegangan, rumput teki, dan stroberi.
ADVERTISEMENT
Selain geragih, terdapat beberapa cara perkembangbiakan vegetatif lainnya pada tumbuhan, yaitu:
1. Akar tinggal (rhizoma)
Akar tinggal atau rimpang merupakan bagian batang yang tumbuhan mendatar di dalam tanah dan menyumpai akar. Contoh tumbuhan dengan cara reproduksi akar tinggal, adalah jahe, lengkuas, kunyit, serta kencur.
2. Umbi lapis
Umbi lapis merupakan batang yang berada di dalam tanah. Contoh tumbuhan yang berkembang biak dengan cara ini adalah bawang merah, bakung, dan bawang putih.
3. Umbi akar
Umbi akar merupakan akar tumbuhan yang digunakan untuk menyimpan cadangan makanan. Contoh tumbuhan yang menggunakan cara perkembangbiakan ini adalah ketela dan bengkoang.
4. Tunas
ADVERTISEMENT
Tunas adalah cara perkembangbiakan yang biasanya tumbuh di samping induk. Tunas biasanya berasal dari ketiak bagian tumbuhan di dalam tanah. Contoh tumbuhan yang berkembang biak dengan cara ini adalah bamboo, tebu, dan pisang.
Itulah penjelasan mengenai cara perkembangbiakan geragih dan beberapa cara perkembangbiakan vegetatif lainnya. Semoga informasi ini bermanfaat! (CHL)