News
·
27 Juli 2021 15:04
·
waktu baca 2 menit

Pengertian dan Contoh Kenampakan Alam di Indonesia

Konten ini diproduksi oleh Berita Update
Pengertian dan Contoh Kenampakan Alam di Indonesia (117672)
searchPerbesar
Ilustrasi kenampakan alam, sumber foto: https://unsplash.com/
Indonesia merupakan salah satu negara dengan jumlah kenampakan alam yang beragam. kenampakan alam sendiri bisa dilihat pada permukaan bumi yang mencakup wilayah daratan dan perairan. Berikut ini adalah pengertian dan contoh kenampakan alam di Indonesia.
ADVERTISEMENT

Pengertian dan Contoh Kenampakan Alam di Indonesia

Pengertian dan Contoh Kenampakan Alam di Indonesia (117673)
searchPerbesar
Ilustrasi kenampakan alam, sumber foto: https://unsplash.com/
Kenampakan alam merupakan segala sesuatu yang berada di atas permukaan bumi baik yang berada di darat maupun di laut. Kenampakan alam sering disebut dengan bentang alam ini timbul akibat adanya peristiwa-peristiwa alam yang terjadi di atas permukaan-permukaan bumi. Wilayah Indonesia terdiri dari pulau-pulau kecil yang kecil maupun besar yang terbentang luas mulai dari Sabang hingga Merauke.

Contoh Kenampakan Alam di Indonesia

Dikutip dari buku IPS SD/MI Kls 5, Amir Kusnandar (2006: 34) kenampakan alam Indonesia terbagi menjadi kepulauan, daratan, perairan, tanah, dan hutan.
1. Kepulauan
Negara Indonesia merupakan negara kepulauan karena terdiri dari ribuan pulau. Jumlah pulau keseluruhan kurang lebih 17.508 pulau. Dari sekian itu pulau yang telah berpenghuni sebanyak 931 pulau dan sisanya belum.
ADVERTISEMENT
2. Daratan
Daratan di Indonesia terbagi menjadi dataran rendah, dataran tinggi, gunung, dan pegununungan. Dataran rendah adalah dataran yang mempunyak ketinggian kurang dari 200 meter dari permukaan laut. Dataran rendah mempunyai tanah yang subur sehingga baik untuk pertanian, peternakan, dan perikanan.
Dataran tinggi adalah dataran yang memiliki tinggi 200 – 500 meter dari atas permukaan laut. Dataran tinggi disebut dengan plato. Di Indonesia banyak terdapat dataran tinggi yang banyak dimanfaatkan utnuk bercocok tanam sangat cocok untuk bertanam sayur mayur, buah-buahan dan bunga-bungaan.
3. Perairan
Wilayah perairan di Indonesia sangat luas, bahkan lebih luas dari pada daratannya. Oleh sebab itu, Indonesia mendapatkan julukan sebagai negara maritim. Kenampakan perairan di Indonesia terdiri dari laut, sungai, danau, teluk dan tanjong, dan rawa.
ADVERTISEMENT
4. Tanah
Kenampakan alam yang keempat adalah tanah di mana pada umumnya keadaan tanah di Indonesia merupakan tanah yang subur. Kesuburan tanah ini disebabkan adanya gunung berapi, hutan, dan curah hujan yang teratur. Jenis-jenis tanah di Indonesia antara lain tanah vulkanis, tanah kapur, tanah laterit, tanah humus, dan tanah endapan.
5. Hutan
Di Indonesia banyak sekali terdapat hutan. Hutan adalah sumber kekayaan yang dapat diperbarui.
Demikian pembahasan mengenai pengertian dan contoh kenampakan alam di Indonesia. (WWN)
sosmed-whatsapp-whitesosmed-facebook-whitesosmed-twitter-whitesosmed-line-white