News
·
29 Juli 2021 10:14
·
waktu baca 1 menit

Pengertian dan Contoh Laporan Investigasi yang Perlu Diketahui

Konten ini diproduksi oleh Berita Update
Pengertian dan Contoh Laporan Investigasi yang Perlu Diketahui (149118)
searchPerbesar
Ilustrasi laproan investigasi, sumber foto: https://unsplash.com/
Membahas mengenai laporan investigasi mungkin yang ada di bayangan kalian adalah suatu laporan yang menyajikan penyelidikan kasus atau hal tertentu yang disajikan dengan detail mulai dari awal sampai akhir. Laporan investigasi identik dengan laporan dari kasus-kasus kriminal misalnya pembunuhan, perampokan dan lain-lain. Apa yang dimaksud dengan laporan investigasi? Berikut adalah pengertian dan contoh laporan investigasi yang perlu diketahui.
ADVERTISEMENT

Pengertian Laporan Investigasi

Pengertian dan Contoh Laporan Investigasi yang Perlu Diketahui (149119)
searchPerbesar
Ilustrasi laproan investigasi, sumber foto: https://unsplash.com/
Dikutip dari buku Dasar-Dasar Produksi Televisi: Produksi Berita, Feature, Laporan Investigasi, Dokumenter dan Teknik Editing, Andi Fachruddin (2017: 255) menurut Robert Greene dari Newsday pengertian laporan investigasi merupakan karya seseorang orang atau beberapa wartawan atas suatu hal yang penting buat kepentingan masyarakat namun dirahasiakan. Liputan investigasi ini minimal memiliki tiga elemen dasar, yaitu:
  1. Liputan itu adalah ide orisinil dari wartawan, bukan hasil investigasi pihak lain yang ditindaklanjuti oleh media.
  2. Subjek investigasi merupakan kepentingan bersama yang masuk akal memengaruhi kehidupan sosial mayoritas pembaca surat kabar atau pemirsa televisi bersangkutan.
  3. Ada pihak-pihak yang mencoba menyembunyikan kejahatan dari hadapan public.
Secara umum pengertian laporan investigasi adalah upaya penelitian, penyelidikan, pengusutan, pencarian, pemeriksaan dan pengumpulan data, informasi, dan temuan lainnya untuk mengetahui atau membuktikan kebenaran atau bahkan kesalahan sebuah fakta yang kemudian menyajikan kesimpulan atas rangkaian temuan dan susunan kejadian.
ADVERTISEMENT

Struktur Laporan Investigasi

Ada beberapa bagian yang harus ada dalam suatu laporan investigasi di antaranya adalah sebagai berikut:
  1. Judul.
  2. Alat dan bahan.
  3. Informasi umum mengenai obyek investigasi.
  4. Fakta-fakta dari data yang dikumpulkan, bagian ini merupakan bagian yang sangat penting karena sebagai dasar untuk pengambilan kesimpulan berdasarkan data yang ada.
  5. Kesimpulan. Bagian yang berisi pernyataan akhir dari investigasi, dari bagian ini kita bisa mengetahui hasil investigasi seperti apa.
Salah satu contoh laporan investigasi adalah laporan investigasi mengenai penyiksaan dan penembakan pada peristiwa Meranti Berdarah yang di lakukan oleh Kontras dan dimuat di laman resminya yaitu https://kontras.org/.
Demikian pembahasan mengenai laporan investigasi dan contohnya, semoga informasi ini dapat menambah wawasan kita semua. (WWN)
sosmed-whatsapp-whitesosmed-facebook-whitesosmed-twitter-whitesosmed-line-white