Tekno & Sains
·
20 Juli 2021 10:03
·
waktu baca 1 menit

Pengertian dan Contoh Penerapan Gaya Lorentz yang Perlu Diketahui

Konten ini diproduksi oleh Berita Update
Pengertian dan Contoh Penerapan Gaya Lorentz yang Perlu Diketahui (33335)
searchPerbesar
Ilustrasi gaya Lorentz, sumber foto: https://unsplash.com/
Dalam fisika ada yang disebut dengan gaya Lorentz, yang sering dimanfaatkan dalam hal-hal yang berhubungan dengan alat-alat listrik. Salah satunya adalah motor listrik, di mana gaya Lorentz yang bekerja pada proses perubahan dari pergerakan menjadi menghasilkan listrik. Berikut adalah pengertian dan contoh penerapan gaya Lorentz yang diperlu diketahui.
ADVERTISEMENT

Pengertian Gaya Lorentz

Pengertian Gaya Lorentz adalah gaya yang terjadi pada sebuah arus penghantar listrik di dalam medan magnet. Gaya ini ditemukan oleh Hendrik Antoon Lorentz yang merupakan ilmuan Belanda. Hasil penemuannya merupakan salah satu kontribusi besar terutama bagi bidang fisika dan fisika kuantum. Lorentz mengoreksi dan merampungkan hukum gaya elektromagnetik yang sebenarnya sudah dikerjakan oleh ilmuan-ilmuan sebelumnya namun disempurnakan oleh Lorentz.
Gaya Lorentz sendiri merupakan gabungan antara gaya elektrik dan gaya magnetic pada suatu medan elektromagnetik. Gaya Lorentz ini ditimbulkan karena adanya muatan listrik yang bergerak atau karena adanya arus listrik dalam suatu medan magnet.
Untuk arah gaya Lorentz dikutip dari buku IPA Fisika Jilid 3, Mikrajuddin (2007 :119) dapat ditentukan dengan aturan tangan kanan. Namun posisi telapak tangan tidak tergenggam melainkan membuka. Carana adalah bukalah telapak tandan dan rapatkan keempat jarimu. Ibu jari dibuka hingga tegak lurus terhadap keempat jari lainnya. ibu jari ini menunjukkan arah atus listrik (I), keempat jari menunjukkan arah medan magnet (B), sedangkan telapak tangan yang membuka menunjukkan arah gaya Lorentz (F).
ADVERTISEMENT
Timbulnya gaya magnet pada penghantar berarus listrik di dalam medan magnet memungkinkan berputarnya kumparan penghantar arus listrik di dalam medan magnet. Konsep ini merupakan prinsip kerja beberapa alat yang mengubah energi listrik menjadi energi mekanik.

Contoh Penerapan

Pengertian dan Contoh Penerapan Gaya Lorentz yang Perlu Diketahui (33336)
searchPerbesar
Ilustrasi penerapan gaya Lorentz, sumber foto: https://unsplash.com/
Contoh penerapan dari gaya Lorentz adalah pada motor listrik. Motor listrik banyak terapkan pada pompa air listrik, mesin jahit listrik, bor listrik, dan mesin bubut. Saat motor listrik dihubungkan dengan sumber aruas listrik, arus listrik mengalir dari sikat karbon menuju komutator. Selanjutnya arus listrik menuju kumparan sehingga kumparan mengalami gaya Lorentz. Makin besar arus listrik yang mengalir, makin cepat pula kumparan berputar.
Demikian adalah pembahasan mengenai pengertian dan contoh penerapan dari gaya Lorentz terutama dalam kehidupan sehari-hari. (WWN)
ADVERTISEMENT