Tekno & Sains
·
28 Juli 2021 18:02
·
waktu baca 1 menit

Pengertian dan Fungsi Segibanyak adalah Kurva Tertutup

Konten ini diproduksi oleh Berita Update
Pengertian dan Fungsi Segibanyak adalah Kurva Tertutup (285294)
searchPerbesar
Ilustrasi fungsi segibanyak dalam keseharian. Sumber: Unsplash
Pengertian dari segi banyak perlu diketahui untuk bisa menjawab pertanyaan seperti, "apakah segi banyak adalah kurva tertutup?" Berikut ini ulasan pengertian serta fungsi segibanyak kurva tertutup. Disimak, ya.
ADVERTISEMENT

Pengertian dan Fungsi Segibanyak adalah Kurva Tertutup

Mengutip dari Buku Ajar Geometri dan Pengukuran Pendekatan Saintifik, Toybah, dkk. (2021: 66), pengertian segibanyak ialah kurva tertutup sederhana yang terbentuk dari garis lurus yang disebut sebagai sisi. Berdasarkan pengertian tersebut, maka jawaban atas pertanyaan apakah segi banyak adalah kurva tertutup?” adalah benar, yakni segibanyak adalah kurva tertutup yang memiliki banyak sisi.

Fungsi Segibanyak Sebagai Kurva Tertutup

Nama segibanyak sendiri didapatkan karena bangun atau kurva tertutup tersebut memiliki segi atau sisi yang banyak. Disamping itu, segibanyak juga dapat disebut sebagai segi-n, sebab nilai n tersebut bisa menunjukan banyaknya segi pada bangun tersebut. Secara umum, salah satu bangun datar yang termasuk segibanyak dengan tingkatan segi terkecil adalah segitiga.
ADVERTISEMENT
Sedangkan bangun lain yang memiliki segi lebih dari tiga juga termasuk segi banyak, misalnya saja persegi/persegi panjang yang juga bisa disebut sebagai segiempat, kemudian ada pula segi lima, segienam dan seterusnya.
Berdasarkan sifat sisinya, bangun segibanyak sendiri bisa dikelompokan menjadi 2 jenis, yakni segibanyak beraturan (memiliki panjang sisi yang sama), dan segibanyak tidak beraturan (panjang sisinya berbeda). Segibanyak beraturan sendiri dicontohkan dalam bentuk seperti segitiga, persegi, segi lima/enam dan lain sebagainya, sedangkan yang tidak beraturan bisa saja memiliki bentuk seperti contoh berikut ini:
Pengertian dan Fungsi Segibanyak adalah Kurva Tertutup (285295)
searchPerbesar
Dalam kehidupan sehari-hari, segibanyak tentu dapat dimanfaatkan dalam berbagai hal. Misalnya saja seperti segiempat (persegi/persegi panjang) yang dapat dimanfaatkan untuk membentuk bangun ruang berupa kardus pembungkus ataupun tempat penyimpanan. Selain itu, prinsip segibanyak juga dapat dimanfaatkan untuk membuat ruangan dalam rumah yang memiliki banyak sisi. (HAI)
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-whitesosmed-facebook-whitesosmed-twitter-whitesosmed-line-white