Pengertian dan Isi 10 Program Pokok PKK

Konten dari Pengguna
27 Januari 2022 8:34 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Update tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Illustrasi Pengertian dan Isi 10 Program Pokok PKK. Sumber: www.unsplash.com
zoom-in-whitePerbesar
Illustrasi Pengertian dan Isi 10 Program Pokok PKK. Sumber: www.unsplash.com
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Masyarakat Indonesia tentunya tidak asing dengan PKK. PKK merupakan singkatan dari Pembinaan Kesejahteraan Keluarga, yaitu organisasi kemasyarakatan yang memberdayakan wanita untuk turut berpartisipasi dalam pembangunan Indonesia. Untuk melaksanakan tujuannya, PKK memiliki 10 Program Pokok PKK.
ADVERTISEMENT
Dalam sejarahnya PKK merupakan gerakan pembangunan masyarakat yang berkembang di Bogor mulai tahun 1957. Pada tahun 1961, panitia penyusunan tata susunan pelajaran pada Pendidikan Kesejahteraan Keluarga (PKK) dari Kementerian Pendidikan bersama dengan kementerian lainnya menyusun 10 segi kehidupan keluarga.
Gerakan ini sendiri akhirnya dimasyarakatkan pada tahun 1967 istri dari Gubernur Jawa Tengah yaitu Ibu Isriati Moenadi peduli melihat keadaan masyarakat yang menderita busung lapar. Oleh karena itu dibuatlah suatu upaya untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga melalui pokok-pokok keluarga yang terdiri dari 10 segi.
10 pokok keluarga ini dilaksanakan oleh tim penggerak PKK di semua tingkatan yang mana keanggotaan timnya secara suka rela dan terdiri dari para istri tokoh pemuka masyarakat, istri kepala dinas atau kepala jawatan, serta istri kepala daerah dari berbagai tingkat. Pada 27 Desember tahun 1972 Menteri Dalam Negeri mengubah Pendidikan Kesejahteraan Keluarga menjadi Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga.
Illustrasi Pengertian dan Isi 10 Program Pokok PKK. Sumber: www.unsplash.com

10 Program Pokok PKK

Menurut laman Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Provinsi DKI Jakarta di pkk.jakarta.go.id, program pokok PKK sendiri pada dasarnya terdiri dari 10 hal. Berikut program pokok PKK dan pengertiannya:
ADVERTISEMENT
ADVERTISEMENT
Demikian pengertian dan isi 10 program pokok PKK yang penting diketahui para ibu rumah tangga. Semoga informasi ini bermanfaat. (AGI)