Tekno & Sains
·
20 Juli 2021 16:59
·
waktu baca 2 menit

Pengertian dan Mekanisme Respirasi pada Makhluk Hidup

Konten ini diproduksi oleh Berita Update
Pengertian dan Mekanisme Respirasi pada Makhluk Hidup (36719)
searchPerbesar
Ilustrasi Respirasi. (Foto: https://pixabay.com/id/)
Pengertian respirasi atau pernapasan adalah proses pertukaran gas antara makhluk hidup (organisme) dengan lingkungannya. Dalam proses respirasi, oksigen merupakan kebutuhan utama makhluk hidup. Dikutip dari buku IPA Biologi: Jilid 2 yang ditulis oleh Saktiyono (2004: 113), alat pernapasan pada proses respirasi pada hewan berbeda-beda.
ADVERTISEMENT
Artikel kali ini akan menjelaskan alat pernapasan makhluk hidup, yaitu ikan amfibi, reptil, burung, dan mamalia.

Mekanisme Respirasi pada Makhluk Hidup

1. Ikan
Alat pernapasan ikan adalah insang. Ikan melakukan respirasi dengan mengambil oksigen yang terlarut dalam air. Adapun mekanisme respirasi pada ikan dapat dibedakan berdasarkan ikan yang memiliki tutup insang dan ikan yang tidak memiliki tutup insang.
2. Amfibi
Beberapa amfibi mengalami proses metamorfosis atau perubahan bentuk dari telur, kecebong, sampai menjadi katak dewasa. Berudu hidup di air dan memiliki alat pernapasan berupa insang, sedangkan katak hidup di darat dan memiliki alat pernapasan berupa paru-paru.
3. Reptil
Alat pernapasan reptil adalah paru-paru. Mekanisme respirasi pada reptil adalah udara masuk dari lubang hidung ke trakea, selanjutnya menuju paru-paru. Darah akan mengikat oksigen dan melepaskan karbon dioksida.
ADVERTISEMENT
4. Burung
Alat pernapasan burung adalah paru-paru. Selain itu, burung juga memiliki alat bantu pernapasan berupa pundi-pundi udara (sakus pneumatikus). Mekanisme pernapasan burung saat terbang berbeda dengan pernapasan ketika sedang istirahat.
Ketika sedang terbang dan mengepakkan sayap, burung tidak menghirup udara melalui hidung. Hal tersebut dikarenakan tulang dada dan rusuk menjadi perlekatan otot-otot untuk terbang. Proses inspirasi dan ekspirasi burung ketika terbang terjadi di pundi-pundi udara, sedangkan ketika istirahat terjadi di paru-paru.
Burung akan menghirup udara ketika sedang melayang tanpa mengepakkan sayapnya.
Pengertian dan Mekanisme Respirasi pada Makhluk Hidup (36720)
searchPerbesar
Ilustrasi Respirasi. (Foto: https://pixabay.com/id/)
5. Mamalia
Baik mamalia yang hidup di darat maupun di laut, memiliki alat pernapasan berupa paru-paru. Mekanisme respirasi mamalia tidak berbeda jauh dengan manusia, yaitu terdiri dari dua proses: inspirasi dan ekspirasi.
ADVERTISEMENT
Pada proses respirasi, energi yang dihasilkan akan digunakan untuk aktivitas kehidupan makhluk hidup, seperti pertumbuhan, mempertahankan suhu tubuh, pembelahan sel, dan kontraksi otot. Semoga informasi ini bermanfaat! (CHL)