Konten dari Pengguna

Pengertian dan Perbedaan Baris dan Kolom pada Microsoft Excel

27 Desember 2021 17:54 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Update tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Perbedaan baris dan kolom, sumber foto: (Amy Hirschi) by Unsplash.com
zoom-in-whitePerbesar
Perbedaan baris dan kolom, sumber foto: (Amy Hirschi) by Unsplash.com
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Dalam Microsoft Excel, kita mengenal istilah baris dan kolom yang menjadi unsur penting dalam pengisian data. Perbedaan baris dan kolom perlu diketahui agar dapat memanfaatkan komponen tersebut dengan efektif dan tertukar fungsi dan kegunaannya.
ADVERTISEMENT

Pengertian dan Perbedaan Baris dan Kolom pada Microsoft Excel

Kolom dalam Bahasa Inggris disebut dengan Column. Kolom merupakan bagian vertikal atau bagian yang bentuknya mengarah dari atas ke bawah pada suatu sheet. Dalam cell excel, umumnya kolom dilambangkan dengan huruf A,B,C, dan seterusnya hingga XFD.
Mengutip buku Pintar Microsoft Excel oleh Osman (2009), pengertian kolom juga bisa diartikan sebagai susunan vertikal dari kata, objek, angka, data, dan lain-lain. Dalam jenis ini, objek diatur satu per satu dalam urutan dari atas ke bawah.
Dalam pengaturan ini, data dikelola dalam bentuk tertentu, sehingga setiap angka, kata, atau nilai jatuh ke dalam barisan vertikal atau dari atas ke bawah.
Dikarenakan kolom terpercah ke dalam bentuk garis, makan kolom ini dapat meningkatkan keterbacaan maupun daya tarik tabel. Dalam spreadsheet, judul pada baris dilambangkan dengan huruf. Pada tabel bagian paling atas, teks tersebut mewakili jenis kolom.
ADVERTISEMENT
Pengertian Baris
Baris merupakan deretan horizontal yang terdiridari kata, angka, data atau objek lainnya. Dalam pengaturan ini, objek berhadapan dengan posisi yang bersebelahan satu sama lain pada garis horizontal.
Sering kali, kita memperoleh instruksi di sekolah untuk mengelola data dalam bentuk baris yang disusun secara horizontal. Bahkan, posisi duduk siswa di kelas juga sering diatur layaknya bentuk baris.
Saat membuat grafik atau menganalisis statistik, penggunaan baris juga diperlukan untuk menempatkan data dari kanan ke kiri secara horizontal. Hal inimembuat pembaca lebih nyaman dan mudah memahaki isi dari grafik atau statistik tersebut.
Perbedaan Baris dan Kolom
sumber foto: (Agency Olloweb) by Unsplash.com
Setelah mengetahui pengertian dari masing-masing baris dan kolom, saatnya mengetahui perbedaan dari komponen spreadsheet tersebut. Beberapa perbedaan tersebut di antaranya sebagai berikut:
ADVERTISEMENT
1. Definisi
Baris merupakan susunan dalam bentuk horizontal atau dari kanan ke kiri. Sedangkan kolom merupakan susunan dalam bentuk vertikal atau dari atas ke bawah.
2. Spreadsheet
Dalam spreadsheet seperti Excel, baris diwakili dengan angka, sedangkan kolom diwakili dengan huruf.
3. Database
Dalam basis data, informasi seperti seseorang atau sesuatu, maka diletakkan di dalam baris. Sedangkan informasi tentang nama, jenis kelamin, usia, dan lainnya ditempatkan di baris.
Setelah membaca penjelasan di atas, dapat dipahami bahwa pengertian dan perbedaan baris dan kolom sangat mudah untuk dipahami. Kedua komponen tersebut pastinya memiliki peran penting dalam basis data. (DLA)