Tekno & Sains
·
20 Juli 2021 9:53
·
waktu baca 1 menit

Pengertian, Fungsi, dan Manfaat Kloroplas pada Tumbuhan

Konten ini diproduksi oleh Berita Update
Pengertian, Fungsi, dan Manfaat Kloroplas pada Tumbuhan (40470)
searchPerbesar
Ilustrasi Pengertian, Fungsi, dan Manfaat Kloroplas pada Tumbuhan. sumber: pexels.com
Dalam ilmu biologi yang mempelajari tumbuhan, kita mengenal sel-sel tumbuhan yang berfungsi menopang kehidupan tumbuhan. Salah satunya kloroplas yang memiliki peran penting untuk kehidupan tumbuhan. Apa itu kloroplas dan bagaimana peran penting kloroplas untuk tumbuhan? Mari kita simak penjelasan berikut ini.
ADVERTISEMENT

Pengertian Kloroplas dan Struktur di Dalamnya.

Penjelasan mengenai kloroplas pada tumbuhan berikut ini dirangkum dari buku Biologi Untuk SMA/MA Kelas XI oleh R. Gunawan Susilowarno dkk.
Dalam buku tersebut dijelaskan kloroplas merupakan plastida yang mengandung klorofil. Seperti jenis plastida lainnya, kloroplas hanya terdapat pada sel tumbuhan. Kloroplas terbungkus membran ganda yang mana membran internal tidak berlipat-lipat.
Kloroplas terletak di dekat membran sel, di dalamnya terkandung DNA dan ribosom sehingga dapat mensistesiskan enzim untuk fotosintesis.
Kloroplas berasal dari proplastida yang berukuran lebih kecil dari kloroplas dengan sedikit atau tanpa membran internal. Membran ganda kloroplas dapat terlihat jelas di bawah mikroskop elektron. Membran ini memiliki peran mengatur keluar masuknya senyawa atau ion ke dan dari dalam kloroplas.
ADVERTISEMENT
Pada membran internal kloropas terdapat pigmen fotosintesis yang yang terdapat permukaan luar membran internal yang disebut thilakoid. Thilakoid berbentuk bulat pipih seperti kantong. Pada posisi tertentu thilakoid menumpuk rapi membentuk struktur yang disebut granum. Granum dalam jumlah banyak disebut grana. Thilakoid yang memanjang menghubungkan granum satu dengan lainnya dalam matriks kloroplas disebut stroma. Pada bagian dalam grana dan stroma terdapat rongga yang berisi air dan garam-garam mineral.
Pigmen utama yang terbentuk dalam membran thilakoid adalah Klorofil A dan Klorofil B. Selain kedua pigmen hijau tersebut, ada pula pigmen-pigmen bernama karotenoid yang berwarna kuning sampai jingga.

Fungsi Kloroplas

Fungsi penting kloroplas adalah sebagai tempat proses fotosintesis berlangsung. Pigmen-pigmen yang terdapat pada membran thilakoid akan menyerap cahaya yang berasal dari matahari atau sumber cahaya lainnya kemudian mengubah sumber cahaya tersebut menjadi energi kimia dalam bentuk adenosin trifosfat.
ADVERTISEMENT
Sekian pembahasan mengenai pengertian, fungsi dan manfaat kloroplas pada tumbuhan. Semoga artikel ini dapat membantu menambah wawasan Anda.(IND)