Pengertian Kompetisi Menurut Para Ahli

Konten dari Pengguna
10 Januari 2022 13:37 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Update tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi pengertian kompetisi menurut para ahli dan contohnya, sumber gambar oleh Pexels dari Pixabay
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi pengertian kompetisi menurut para ahli dan contohnya, sumber gambar oleh Pexels dari Pixabay
ADVERTISEMENT
Dalam kehidupan sehari-hari kita sering mendengar kata kompetisi atau persaingan. Kadang, kita sendiri pun juga sering berkompetisi dengan teman atau orang lain. Kompetisi adalah bagian dari proses sosial antara dua atau lebih pihak yang saling berlomba berbuat sesuatu demi mencapai kemenangan. Kompetisi terjadi jika ada beberapa pihak yang menginginkan sesuatu dalam jumlah terbatas.
ADVERTISEMENT

Pengertian Kompetisi

Ilustrasi pengertian kompetisi menurut para ahli dan contohnya, sumber gambar oleh Michal Jarmoluk dari Pixabay
Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kompetisi dapat diartikan sebagai persaingan atau pertandingan untuk merebut kejuaraan dalam gabungan perkumpulan olahraga, dan juga dapat diartikan sebagai sistem pertandingan olahraga yang mengharuskan semua pihak saling bertanding atau berhadapan.
Selain itu kompetisi diartikan sebagai hubungan antara dua makhluk hidup atau lebih yang saling bersaing untuk mendapatkan sesuatu yang diperlukan dalam kehidupan.
Jika kompetisi dilihat dari segi Ilmu Pengetahuan Alam, dapat diartikan sebagai simbiosis yang membuat interaksi antara individu yang saling memperebutkan suatu sumber daya yang jumlahnya terbatas. Dalam simbiosis kompetisi biasanya oranisme yang lebih kuatlah yang akan memenangkan sumber daya alam. Sedangkan organisme yang lebih lemah terpaksa harus mencari sumber daya lain dengan cara bermigrasi.
ADVERTISEMENT

Fungsi Kompetisi

Kompetisi atau persaingan berfungsi sebagai alat pengadaan seleksi sosial. Jika persaingan yang terjadi antar pihak dapat disadari dengan pemikiran-pemikiran sehat, persaingan yang terjadi akan berperan sebagai alat penyeleksi antara individu maupun kelompok yang mempunyai kualitas lebih baik.
Contohnya sederhananya dan sering kita temui adalah persaingan pada sektor ekonomi lebih spesifiknya adalah pada marketing sebuah produk. Dimana dalam dunia marketing yang mampu bertahan adalah produk-produk dengan kualitas terbaik dan harganya paling terjangkau. Ini bisa dilihat berdasarkan kemenangan dari produk-produk impor yang berasal dari China.
Itulah pengertian kompetisi menurut para ahli dan contohnya dalam dunia nyata, di era sekarang ini kita akan menemukan banyak sekali kompetisi. (WWN)