Tekno & Sains
·
22 Juli 2021 11:11
·
waktu baca 2 menit

Pengertian Perpindahan Kalor: Konduksi, Konveksi dan Radiasi

Konten ini diproduksi oleh Berita Update
Pengertian Perpindahan Kalor: Konduksi, Konveksi dan Radiasi (30204)
searchPerbesar
Ilustrasi Pengertian Perpindahan Kalor: Konduksi, Konveksi dan Radiasi. sumber: pexels.com
Kita mengenal kalor dan perpindahan energi panas dalam pelajaran IPA atau fisika dan dalam teknologi yang kita pakai dalam kehidupan sehari-hari. Apa itu kalor dan apa saja macam-macam perpindahan energi panas? mari kita simak dalam artikel berikut ini
ADVERTISEMENT

Apa Itu Perpindahan Kalor?

Berdasarkan buku Perpindahan Kalor dan Massa oleh Ismail Sulaiman, Nida El Husna, Rasdiansyah, Bakhtiar (Syiah Kuala University Press, 2015), Panas dapat diciptakan dan dapat dipindahkan. Sebagai contoh tubuh kita akan hangat bila berada di dekat pemanas ruangan atau api unggun. Hal ini karena tubuh kita menerima panas dari kedua hal tersebut. Panas yang berpindah disebut kalor. Api kompor dapat membuat makanan matang karena ada perpindahan energi panas dari api ke makanan.
Energi dikenal dalam berbagai bentuk, beberapa yang kita temukan dalam teknologi sehari-hari antara lain energi dalam, energi kinetis, energi potensial, energi mekanis dan energi panas. Energi panas dapat berpindah melalui tiga cara yaitu konduksi, radiasi dan konveksi.
ADVERTISEMENT

Macam-Macam Cara Perpindahan Energi Panas

Selanjutnya kita akan membahas tiga cara perpindahan energi panas tersebut. Pembahasan mengenai tiga cara perpindahan energi panas ini drangkum dari buku Perpindahan Kalor dan Massa oleh Ismail Sulaiman, Nida El Husna, rasdiansyah, Bakhtiar (Syiah Kuala University Press, 2015).
Konduksi
Konduksi adalah proses perpindahan panas jika panas mengalir dari tempat yang bersuhu tinggi ke tempat yang bersuhu lebih rendah dengan menggunakan media penghantar panas tetap. Misal, sendok yang digunakan untuk mengaduk minuman hangat akan terasa panas. Perambatan panas yang terjadi pada sendok disebut konduksi. Konduksi adalah perambatan panas tanpa disertai zat perantaranya.
Konveksi
Konveksi adalah perpindahan panas yang terjadi antara permukaan padat dengan fluida yang mengalir di sekitarnya dengan menggunakan media penghantar berupa cairan atau gas. Misal air panas akan bergerak naik
ADVERTISEMENT
Macam-Macam Konveksi
Konveksi bebas atau yang terjadi secara alamiah; perpindahan panas yang disebabkan oleh beda suhu dan beda raoat saja dan tidak ada tenaga dari luar yang mendorongnya. Contoh: plat panas dibiarkan berada di udara sekitar tanpa ada sumber gerakan dari luar
Konveksi paksaan: perpindahan panas aliran gas atau cairan yang disebabkan tenaga dari luar. contoh: plat panas yang dihembus udara dengan kipas
Radiasi
Radiasi adalah perpindahan panas yang merambat langsung tanpa melalui medium perantara.Misal panas matahari yang bisa kita rasakan sehari-hari. Panas matahari yang terpencar tersebut sampai ke bumi tanpa zat perantara.
Pemanfaatan Sifat Kalor Pada Radiasi
Jika kita memakai pakaian berwarna hitam akan terasa lebih gerah atau panas karena warna hitam dapat menyerap dan memancarkan kalor sehingga kalor akan terasa pada tubuh.
ADVERTISEMENT
Begitulah penjelasan mengenai pengertian perpindahan energi panas yang dapat kita temukan dalam kehidupan sehari-hari. Semoga dapat menambah wawasan Anda.(IND)