Tekno & Sains
·
21 Juli 2021 14:50
·
waktu baca 1 menit

Pengertian Residu dan Klasifikasi Lengkapnya yang Perlu Diketahui

Konten ini diproduksi oleh Berita Update
Pengertian Residu dan Klasifikasi Lengkapnya yang Perlu Diketahui (34661)
searchPerbesar
Ilustrasi Residu. (Foto: https://pixabay.com/id/)
Ketika bahan baku diolah dengan teknologi proses, umumnya akan dihasilkan produk dan residu. Pengertian residu adalah senyawa kimia yang tersisa yang dihasilkan limbah dari proses bahan baku menjadi berbagai produk. Apabila residu diolah kembali dengan teknologi proses, akan dihasilkan kembali produk baru. Berbeda dengan pengolahan bahan baku, pengolahan residu tidak menghasilkan limbah.
ADVERTISEMENT
Dikutip dari buku Bioteknologi dalam Bahan Bakar Non Fosil yang ditulis oleh Ign. Suharto (2017: 29), residu yang tidak diolah, tidak memiliki nilai ekonomi, nilai sosial, dan lingkungan, maka residu akan menjadi limbah (waste). Oleh karena itu, diperlukan kajian mengenai teknologi proses, identifikasi, klasifikasi, dan kuantitas residu untuk dikonversi dari limbah menjadi produk baru yang bernilai ekonomi.

Pengertian Residu dan Klasifikasi Lengkapnya

Residu yang berasal dari senyawa kimia organik dapat diklasifikasikan sebagai berikut:
  1. Residu yang berasal dari limbah industri cair yang berisi senyawa kimia organik. Limbah industri cair dari rumah tangga terdiri dari senyawa organik, seperti sayur-mayur dan buah-buahan, serta senyawa anorganik, seperti gelas dan kaleng
  2. Residu yang berasal dari limbah industri berupa slurry, limbah ternak.
  3. Residu yang berasal dari limbah industri pangan berupa limbah cair dan padat.
  4. Residu yang berasal dari limbah industri pertanian, seperti limbah tanaman pangan, jerami padi, merang, limbah unggas, ternak ruminan, dan limbah ikan.
  5. Residu yang berasal dari limbah industri perkebunan, seperti limbah kakao, limbah teh, dan limbah kopi.
  6. Residu yang berasal dari limbah industri yang berasal dari hasil hutan, seperti limbah serbuk gergaji dan limbah potongan kayu.
Pengertian Residu dan Klasifikasi Lengkapnya yang Perlu Diketahui (34662)
searchPerbesar
Ilustrasi Residu. (Foto: https://pixabay.com/id/)
Residu yang tidak diolah dan menjadi limbah memiliki dampak tersendiri terhadap aspek sosial, aspek lingkungan, dan aspek ekonomi. Oleh karena itu, penerapan pengkajian pengolahan residu harus dilakukan. Salah satu cara pengolahan residu yang dapat dilakukan adalah dengan menggunakan bioteknologi aerobik dan anaerobik.
ADVERTISEMENT
Itulah pengertian residu dan klasifikasi lengkapnya yang perlu diketahui. Semoga informasi ini bermanfaat! (CHL)